Presepsi Orang Pada Umumnya

“Kalau lagi hamil itu ya harus rajin jalan pagi!”

Hayo…siapa yang seringkali mendengar kalimat ini? Pasti sebagian besar ibu ibu seringkali mendengar himbauan untuk jalan pagi selama masa kehamilan. Betul kan?

Kenapa harus jalan, dan apa sebenarnya manfaatnya?

Berjalan adalah satu latihan yang cocok untuk wanita hamil dari semua tingkat kebugaran tubuh yang berbeda. Seperti yang kita tau dan sadari Bersama, ditengan kesibukan rutinitas dijaman melineal ini, jarang sekali orang berolahraga. Untuk menyempatkan diri datang ke fitness centre atau kelas yoga, terkadang tidak sempat.

Padahal ketika Anda ingin berhasil melahirkan lancar dan nyaman, otomatis tubuh harus fit dan dipersiapkan dengan sebaik baiknya. Salah satunya ya dengan olah raga.

Nah, berjalan adalah olahraga yang sangat sederhana. Dan bisa dilakukan kapan saja.

Selain itu, ini adalah olahraga yang sangat irit. Karena modal Anda hanya sepatu olahraga (yang pasti Anda sudah punya) dan air minum. Bahkan olahraga ini bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja.

Baca Juga  Mengenal Homeophaty untuk perlancar proses persalinan, Terapi alernatif sebagai pelengkap dalam upaya melahirkan nyaman

Tujuan dari olahraga berjalan adalah mengoptimalkan kesehatan bayi Anda. Sehingga saat melakukan olahraga ini, coba perhatikan bagaimana perasaan Anda, dan pantau intensitas dan durasi latihan Anda.

Kapan Bisa Mulai?

Olahraga berjalan bisa dimulai pada trimester pertama. Namun,  lagi lagi karena Anda dalam kondisi hamil dimana banyak sekali perubahan hormonal, fisik maupun psikis, jadi usahakan untuk “tidak memaksakan diri” dan pastikan Anda dalam kondisi sehat atau tidak ada indikasi untuk harus bedrest karena satu dan lain hal.

Sebenarnya apa sih manfaat olahraga BERJALAN ini?

  1. Kebugaran Fisik:

Berjalan di masa kehamilan membuat Anda sehat secara fisik dan aktif. Ini adalah rutinitas latihan tubuh yang lengkap, yang meningkatkan kesehatan jantung dan otot Anda.

  1. Bayi Sehat:

Berjalan adalah aktivitas aerobik berdampak rendah yang membakar kalori tanpa menyebabkan ketegangan berlebihan pada tubuh. Dengan rutin olahraga Berjalan akan menjaga berat badan Anda dan bayi Anda terkendali. Ini akan membantu mencapai berat badan bayi yang sehat, sehingga membuat proses persalinan menjadi mudah dan alami.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes Kehamilan:

Kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan akan membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 setelah melahirkan dan meningkatkan risiko persalinan prematur dan melahirkan bayi gemuk. Olahraga seperti berjalan akan menjaga berat badan Anda tetap terkendali dan mengurangi risiko terkena diabetes gestasional [1]

  1. Menurunkan Risiko Pre-Eklampsia:

Pre-eklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditunjukkan oleh tekanan darah tinggi dan kelebihan protein dalam urin. Berjalan membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi kolesterol, sehingga menyeimbangkan tingkat tekanan darah selama kehamilan. Dengan cara ini, resiko mengalami persalinan prematur yang terjadi karena pre-eklampsia semakin menurun.[2]

  1. Anti stres:

Stres adalah gejala umum bagi sebagian besar wanita hamil. Salahkan pada hormon, tetapi seorang wanita hamil mengalami perubahan suasana hati, dari kebahagiaan dan kegembiraan menjadi kecemasan dan depresi. Berjalan, seperti olahraga lainnya, melepaskan endorfin, zat kimia yang terasa enak di tubuh. Ini adalah penghilang stres yang hebat dan meningkatkan suasana hati Anda terutama pada hari-hari ketika Anda merasa sangat tidak nyaman dan tidak semangat.

  1. Meningkatkan Peluang dan potensi melahirkan Normal pervaginam

Berjalan selama kehamilan meningkatkan fleksibilitas dan mengencangkan otot-otot pinggul Anda, cara yang sangat baik untuk persalinan yang lebih cepat, lebih mudah, dan bebas rasa sakit. Jalan pagi hari lebih bermanfaat untuk melahirkan secara alami. Ketika Anda dalam kondisi yang lebih baik, Anda siap untuk persalinan nyaman.

  1. Meredakan Nyeri dan Ketidaknyamanan

Selama kehamilan, Anda mungkin rentan terhadap rasa sakit dan ketidaknyamanan tertentu apalagi ketika Anda tidak aktif. Berjalan akan membantu membebaskan Anda dari rasa sakit dan ketidaknyamanan ini. Peregangan kaki selama berjalan akan membantu Anda menghilangkan rasa sakit.

  1. Mengurangi keluhan

Berjalan akan mengurangi kemungkinan timbulnya mual di pagi hari, kelelahan, kram, sembelit, varises, dan sulit tidur terutama di malam hari. Berolahraga secara teratur menginduksi tidur dan berjalan setiap hari akan membantu membakar energi berlebih, sehingga membantu Anda supaya bisa tidur nyenyak di malah hari

  1. Mencegah Edema/bengkak kaki

Olahraga berjalan akan sangat membantu sirkulasi darah ditubuh Anda menjadi  lebih baik. Nah dengan berjalan cepat ini akan meningkatkan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan membantu mencegah edema. Untuk wanita hamil, sirkulasi yang lebih baik juga mengurangi pembengkakan kaki dan pergelangan kaki dan mengurangi risiko wasir dan sindrom carpal tunnel.

  1. Mengatur detak jantung dan pernapasan

Jika ingin melahirkan nyaman dan lancar, maka NAPAS adalah KUNCI. Nah, olahraga berjalan membuat Anda bisa mengelola nafas Anda dan melatih jantung Anda supaya lebih kuat.  Ketika Anda ingin mempertahankan ritme pernapasan yang seimbang dan mencegah penyakit kardiovaskular, jalan kaki setiap hari adalah cara yang paling mudan dan bisa Anda lakukan

  1. Melancarkan persalinan

Dengan rutin berjalan kaki, maka ini akan membantu memperlancar dan mempermudag proses persalinan Anda serta membantu agar masa pemulihan menjadi lebih cepat dan nyaman. Gerakan ritmis panggul ketika kita berjalan membantu mempersiapkan  otot-otot di area panggul ini. Gerakan-gerakan ini juga membantu meningkatkan elastisitas pada otot panggul dan perineum sehingga Anda semakin siap untuk melahirkan lancar.

  1. Mengurangi Kram Kaki

Berjalan juga mengurangi kram dan membantu Anda tetap nyaman, bugar dan kuat  selama persalinan.

Baca Juga  Nyeri Punggung & Pinggul selama masa kehamilan

Lalu, seberapa banyak, lama dan cepatnya jalan kaki ini? Silahkan buka di artikel berikutnya

 

Nah, tunggu apa lagi….

Ambil sepatu olahragamu seger dan berjalanlah mulai dari sekarang

 

Referensi:

[1]https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24305070

[2]https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2895148/