Anda pastinya sering mendengar bahwa salah satu kunci melahirkan nyaman adalah NAPAS. Ya, itu benar. Teknik pernapasan yang benar dan berpola akan sangat membantu Anda dalam proses melahirkan. Menurut Guruji Iyengar dalam bukunya Light on Yoga, beliau mengatakan bahwa ; Mind is the king of the senses, bu Breath is the king of the mind.

Yang mana Artinya adalah. Ketika Anda ingin menguasai tubuh dan seluruh sensasi yang ada, maka Anda harus kuasai pikiran dan mental. Namun terlebih penting dari itu semua, ternyata Anda akan mampu menguasai pikiran dan mental Anda ketika Anda kuasa Napas.

Artinya NAPAS adalah SEGALANYA. Sedangkan Berdasarkan teori Central Nervous System Control (CNSC), saat Anda menguasai teknik pernapasan Anda dan memusatkan perhatian Anda ke napas Anda, otak Anda akan mengeluarkan hormon-hormon seperti endorphin yang dapat membuat proses persalinan Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Pernafasan Berpola

Pernapasan yang berpola merupakan pola pernapasan yang menyesuaikan kecepatan dan kapasitas Anda dan dapat membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Teknik pernasan semacam ini dapat membantu Anda untuk mengatasi berbagai macam rasa sakit, ketidaknyamanan, kecemasan, dan rasa takut, bahkan saat Anda sedang tidak hamil.

BAGAIMANA CARA BERLATIH PERNAPASAN BERPOLA?

Untuk menstimulasi rasa kontraksi dalam persalinan, Anda dapat menyiapkan baskom berisi air es dan celupkan tangan Anda di baskom tersebut untuk beberapa menit dengan tetap fokus di napas Anda. Tingkatkan durasinya dari waktu ke waktu.

POLA NAPAS UNTUK PERSALINAN Kala 1 (Tahap Pembukaan)

Ada berbagai tehnik yang bisa digunakan ketika Anda dalam proses persalinan.

Apakah ada aturan khusus? Jawabannya adalah TIDAK ADA ATURAN KHUSUS. Yang pasti adalah gunakan tehnik yang sekiranya membuatmu merasa lebih nyaman dan bisa membuat Anda tetap tenang dan relaks

 Bernapas dengan pelan

Mulailah untuk bernapas dengan pelan ketika kontraksi Anda cukup intens sampai membuat Anda tidak dapat berbicara atau berjalan tanpa harus berhenti di tengah tengah. Gunakan teknik ini jika Anda merasa terbantu dengan teknik ini.

  1. Ambil napas panjang segera saat kontraksi dimulai. Lepaskan semua ketegangan yang ada di tubuh Anda saat Anda menghembuskan napas.
  2. Fokuskan perhatian Anda di napas Anda

Napas secara cepat dan ringan