Bagaimana caranya?

Anda bisa menggunakan tehnik nafas transisi seperti yang sudah di tuliskan di atas.

Atau Anda bisa menggunakan tehnik pernafasan cepat atau dog breathing (persis seperti anjing bernafas)

POLA NAPAS UNTUK PERSALINAN TAHAP KEDUA

Napas Ekspulsi

Teknik pernapasan ini digunakan ketika serviks sudah membuka dan tahap persalinan kedua telah dimulai

  1. Bernapaslah secara teratur – Ambil napas panjang saat kontraksi dimulai. Lepaskan semua ketegangan (dari ujung kepala sampai ujung kaki) saat Anda menghembuskan napas.
  2. Fokuskan perhatian Anda kepada bayi Anda yang bergerak keluar, atau ke visualisasi positif lainnya
  3. Bernapaslah secara perlahan, biarkan kontraksi Anda memandu Anda. Percepat atau ringankan napas Anda bila perlu untuk kenyamanan Anda. Ketika Anda tidak dapat menhan rasa untuk mengejan, ambil napas panjang, tundukan dagu Anda ke dada Anda, dan condongkan badan Anda ke depan. Lalu tahan, sembari menahan napas Anda atau melepaskan napas Anda secara perlahan lahan. Yang terpenting adalah jagalah lantai dasar panggul Anda agar tetap rileks. Bantu bayi Anda turun dengan melepaskan semua ketegangan di perineum.
  4. Setelah 5-6 detik, hembuskan napas Anda, dan bernapaslah seperti biasa. Seberapa keras Anda harus mengejan tergantung dengan sensasi yang Anda rasakan. Anda akan melakukan tahapan ini secara berulang-ulang sampai kontraksi berkurang. Keinginan untuk mengejan akan datang dan pergi seiring dengan kontraksi yang Anda rasakan. Gunakan sela sela diantara kontraksi tersebut untuk bernapas dengan panjang dan dalam, menyediakan oksigen untuk tubuh dan bayi Anda.
  5. Ketika kontraksi berakhir, rilekskan tubuh Anda dan ambil satu atau dua napas yang dapat menenangkan Anda.

TIPS UNTUK MEMBANTU MENGURANGI MULUT KERING SAAT PERSALINAN

  • Sentuhkan lidah Anda di atap mulut Anda dan letakkan tepat di balik gigi Anda saat Anda bernapas. Cara ini dapat melembapkan udara yang Anda hirup.
  • Tutup hidung dan mulut Anda dengan tangan Anda (cukup letakkan tangan Anda di atas mulut dan hidung Anda dengan jari yang terbuka). Dengan cara ini, telapak tangan Anda akan memantulkan kelembapan dari napas Anda.
  • Minumlah di sela-sela kontraksi
  • Gosok gigi Anda atau cuci mulut Anda secara berkala

Nah silahkan mencoba.