Mindfulness in Pregnancy -Jalani Kehamilan dengan penuh kesadaran-

Hidup adalah Belajar

Dan saya adalah wanita yang beruntung karena saya diperbolehkan untuk belajar di setiap hari. Dan yang paling membuat saya merasa lebih beruntung lagi adalah karena saya diijinkan Tuhan untuk belajar Gentle Birth, merasakannya bahkan menjadi salah satu pelopor dan aktivis Gentle Birth di Indonesia.

 

Ya pengalaman melahirkan tanpa rasa sakit di rumah 15 tahun yang lalu mengubah hidup saya.

Hingga akhirnya saya bertemu dengan guru guru di kehidupan saya.

Dan Setelah belajar tentang gentle birth lebih dalam lagi dan menjalankannya di tempat praktek, banyak hal yang saya pelajari dalam persalinan dan kelahiran bayi. Saya belajar tentang pentingnya nafas, pentingnya tubuh yang siap, pentingnya pikiran yang tenang, pentingnya pembersihan trauma, kesabaran, keseimbangan, hormonisasi, lingkungan yang mendukung, juga rasa percaya diri baik ibu maupun penolong dan pendamping persalinan.

 

Pertama, saya belajar dan menerapkan Hypnobirthing yaitu metode relaksasi dimana seorang ibu melakukan swa sugesti untuk memberikan sugesti positif dan melakukan reprogramming dalam pikiran bawah sadarnya sehingga tetap tenang dan nyaman sebelum, selama dan sesudah melahirkan yang akan saya bahas lebih lengkap di workshop ini. lalu saya belajar tentang nafas, yoga, trauma healing. Ya…. ternyata banyak hal yang harus Anda siapkan untuk mencapai proses persalinan yang nyaman, dan menyenangkan. Mulai dari body mind and soul harus benar-benar disiapkan dan haruslah seimbang. Untuk itulah saya memberi nama Gentle Birth Balance

 

Ada lima metode utama yang saya ajarkan didalam gentle birth balance:

  1. Mindfulness
  2. Healing Birth Trauma,
  3. Relaxation and Meditation,
  4. Womb breathing
  5. Mind and body balance.

 




Nah, saya mau berbagi sedikit tentang Mindfulness. Banyak sekali yang belum memahami apa itu mindfulness. Saat di kelas Gentle Birth Balance yang saya adakan di hotel Phoenix Jogja , beberapa hari yang lalu saat saya bertanya kepada para ibu dan bapak tentang apa arti mindfulness, semua peserta menjawab mindfulness adalah penuh pikiran atau pikiran penuh heheh….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *