Selama sekitar 40 minggu Anda mempersiapkan dan merencanakan kedatangan si kecil. Anda membaca buku, menonton video, mengikuti kelas persiapan persalinan dan sebagainya. Di saat-saat itu mungkin Anda menonton film atau acara tv yang menayangkan proses persalinan dengan tidur terlentang dan kaki yang dibuka lebar. Selama ini, lingkungan kita seringkali membuat banyak ibu ibu percaya bahwa proses persalinan dan persalinan itu sendiri terjadi sambil tidur terlentang di tempat tidur dengan kaki yang terbuka lebar. Namun, sebenarnya ada banyak posisi lain yang mempunyai banyak manfaat bagi Anda dan bayi Anda.

fakta di lapangan, mencoba beberapa posisi yang berbeda dan tetap aktif selama proses persalinan dapat membantu mempercepat proses persalinan tersebut. Selain itu, tetap aktif selama proses persalinan juga dapat meredakan sakit punggung, membuka panggul Anda, dan membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit dari gelombang cinta yang Anda alami.

Berikut ini merupakan beberapa posisi yang dapat Anda coba selama proses persalinan hingga dan beberapa variasi posisi untuk bersalin. Anda dapat mengkonsultasikannya dengan provider Anda apakah memungkinkan untuk bersalin dengan posisi yang Anda inginkan. Jika ternyata tidak memungkinkan, Anda dapat tetap melakukan posisi posisi ini di fase 1 dan 2 persalinan Anda. Ingatlah bahwa apa yang nyaman di suatu fase mungkin tidak nyaman di fase berikutnya. Ikuti insting Anda dan temukan posisi yang tepat untuk Anda.

Posisi untuk fase 1 dan 2

Duduk tegak di birth ball

  • Cocok untuk: Fase pertama atau awal fase kedua persalinan
  • Baik untuk: Membantu membuka serviks Anda atau menurunkan posisi kepala bayi Anda. Posisi ini merupakan posisi istirahat. Di posisi ini Anda dapat menggoyangkan panggul Anda di birth ball. Gerakan ini dapat membantu meredakan sakit punggung dan membantu mempercepat proses persalinan
  • Catatan: Pastikan bahwa saat Anda duduk di birth ball, lutut Anda lebih rendah daripada pinggul Anda. Jika Anda merasa tidak seimbang, Anda dapat melakukan posisi ini sambil mencondongkan tubuh Anda ke tempat tidur atau tembok, atau meminta bantuan pendamping Anda untuk menjadi tumpuan tubuh Anda. Jika Anda mempunyai sakit panggul, pastikan bahwa Anda membuka kaki Anda di jarak yang nyaman untuk Anda.