Kehamilan adalah salah satu tahap terpenting dan tahapan yang mampu mengubah hidup Anda, sehingga merawat tubuh Anda selama “fase transisi” ini sangatlah penting.

Moment pra paskah, atau pun juga moment Ramadhan terkadang bertepatan dengan saat Anda sedang hamil.

Jika Anda memutuskan untuk berpuasa saat sedang hamil di moment tersebut (pra paskah  atau Ramadhan), sangat penting untuk memperhatikan dengan cermat sinyal tubuh Anda dari segala keletihan atau kelelahan. Menyadari tentang tahapan kehamilan Anda merupakan faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan ketika membuat keputusan apakah berpuasa atau tidak selama kehamilan Anda.

Memang ketika  kita mulai dihadapkan dengan ilmu pengetahuan dan agama dan juga kemantapan hati, seringkali kita menjadi sidikit mengalami kesulitan atau lebih tepatnya “keraguan” untuk melangkah atau mengambil keputusan. Namun sebenarnya semua bisa di selaraskan.
misalnya pada kasus puasa bagi ibu hamil.
kurasa semua agama mempunya kebijakan tersendiri berkaitan dengan hal ini. Yang mana intinya adalah ibu hamil diperbolehkan untuk tidak puasa saat hamil terutama jika ada hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan kondisi tubuh dan janinnya.

Namun kasus yang sering terjadi adalah:

“ aku kuat kok!”

“ Aku gak ada keluhan selama puasa kok!”

walaupun satu sisi mungkin memang puasa tidak berdampak keluhan serius pada beberapa ibu, namun ada juga yang sebenarnya ada dampaknya, namun karena si ibu “kekueh/bersikeras” untuk puasa sehingga “tidak menyadari” bahwa tubuhnya sebenarnya “menjerit”

 

itulah kenapa saat Anda memutuskan untuk puasa saat sedang hamil, benar benar dibutuhkan MINDFULNESS dan mungkin Anda harus berkonsultasi dengan provider Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk puasa atau tidak.

Nah kali ini saya akan sedikit menyampaikan beberapa tips dan beberapa hal yang semoga saja bermanfaat untukmu.

Berkaitan dengan PUASA, sebenarnya tidak ada jawaban yang jelas untuk ini karena tidak ada penelitian tentang bagaimana puasa selama kehamilan dapat mempengaruhi ibu atau bayi. Namun ada Studi yang mengatakan bahwa puasa, terutama selama kehamilan, MUNGKIN memiliki efek jangka panjang bagi bayi di kemudian hari (sumber)