Jika Anda sedang hamil dan sudah menginjak umur kehamilan 36 minggu keatas, mungkin Anda akan mendengar bahwa bayi Anda sudah turun panggul, atau bahkan bertanya-tanya apakah bayi Anda sudah turun panggul atau belum. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai turunnya bayi ke panggul.

Kapan terjadinya?

Momen dimana kepala bayi mulai turun panggul sangat bervariasi tiap wanita. Tidak ada hari atau minggu pasti yang dapat menjamin bahwa bayi Anda sudah turun panggul. Terkadang, kepala bayi akan turun diantara umur kehamilan 34 sampai 36 minggu, tapi untuk beberapa ibu, kepala bayi dapat turun beberapa jam sebelum proses persalinan dimulai atau bahkan ketika proses bersalinan berlangsung.

Turunnya kepala bayi ke panggul biasanya lebih umum dialami ibu yang sedang mengandung anak pertama dibanding dengan kehamilan-kehamilan setelahnya. Hal ini disebabkan karena ketika Anda sedang hamil untuk yang pertama kalinya, otot-otot di panggul Anda harus menyesuaikan diri dengan posisi si kecil sebelum persalinan dapat berlangsung. Namun, apabila tubuh Anda telah mengalami proses persalinan sebelumnya, panggul Anda mungkin akan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk menyesuaikan diri dengan proses ini.

Bila Anda merasa bahwa bayi Anda sudah turun panggul, konsultasikanlah dengan provider Anda untuk memeriksa posisi bayi Anda serta hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan posisi bayi Anda atau menjaga agar posisi bayi Anda tetap optimal.

Apa tahapan penurunan kepala bayi

Secara anatomi, panggul Anda dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu pintu atas panggul (inlet), pintu tengah panggul (midlet), dan pintu bawah panggul (outlet). Tingkatan yang digunakan untuk menggambarkan sampai sejauh mana penurunan kepala bayi Anda disebut station.

Terdapat 11 station (-5 sampai +5) yang digunakan untuk mendiskripsikan tingkatan penurunan kepala bayi. Perbedaan nomor tersebut menandakan centimeter, sehingga bila kepala bayi Anda bergerak dari +1 ke +2, artinya bayi Anda turun sejauh 1 centimeter. Berikut ini adalah 5 tingkatan yang perlu Anda ketahui:

  • -5 Pada tingkatan ini, kepala bayi Anda masih berada diatas panggul. Di tahap ini, bayi Anda masih dapat bergerak bebas dan bahkan dapat membalikkan badan di dalam rahim.
  • -3 station. Pada tingkatan ini, kepala bayi Anda tepat berada di inlet atau pintu atas panggul. Di tahap ini, kepala bayi belum mengunci, sehingga bayi Anda masih dapat bergerak, berpindah posisi, dan bahkan naik kembali.
  • 0 station. Pada tingkatan ini, kepala bayi Anda sudah berada di midlet atau pintu tengah panggul, tepatnya di ischial spine dan sudah mengunci atau engaged. Di tahap inilah dapat dikatakan bahwa kepala bayi Anda benar-benar sudah naik panggul.
  • +4 dan +5 station. Pada tingkatan ini, kepala bayi Anda sudah berada di outlet. Dalam proses persalinan, kepala bayi Anda akan berada di tingkatan ini. 

Apa tandanya?