Tubuh Anda menglami perubahan yang luar biasa saatkehamilan, dan diantara berbagai perubahan yang muncul, stretch marks dapat menjadi satu diantaranya. Stretch marks adalah garis-garis yang timbul di permukaan kulit. Stretch marks dapat berwarna merah muda, merah, ungu, atau cokelat, tergantung dengan warna kulit Anda. Selain di perut, stretch marks juga dapat timbul di paha, pantat dan payudara Anda. Stretch marks tidak berbahaya, dan setelah bayi Anda lahir, stretch marks Anda juga akan memudar secara bertahap, namun mereka tetap akan meninggalkan bekas.

Apa penyebabnya?

Stretch marks sangatlah umum terjadi dan tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja. Mereka dapat terjadi ketika kulit Anda teregang, contohnya saat pubertas atau saat kita mengalami kenaikan berat badan. Saat kehamilan, perubahan hormonal dan kenaika berat badan secara cepat dapat menyebabkan timbulnya stretch marks.

Stretch marks terjadi ketika lapisan tengah kulit (dermis) teregang dan pecah di beberapa tempat. Apakah Anda akan mendapatkannya atau tidak, ada hubunganya dengan keturunan, jika ibu Anda mengalaminya maka besar kemungkinannya bahwa Anda juga akan mengalaminya. Selain itu, timbulnya stretch marks juga sangat tergantung dengan tipe kulit Anda.

Apa yang dapat saya lakukan?

Sayangnya, belum ada pengobatan yang ampuh untuk mencegah maupun menghilangkan stretch marks, namun ada beberapa cara untuk meminimalisir munculnya stretch marks, diantaranya dengan:

  • Melembabkan: cobalah untuk menjaga kulit Anda tetap lembab, Anda dapat menggunakan cocoa butter, aloe vera, atau pelembab lainnya. Melembabkan kulit Anda secara teratur juga dapat membantu dengan masalah kulit kering dan kulit gatal yang seringkali juga terjadi saat persalinan.
  • Konsumsi makanan kaya nutrisi: selain menjaganya tetap lembab, Anda juga harus merawat kulit Anda dari dalam. Anda dapat merawat kulit Anda dengan menjaga pola makan Anda. Pastikan bahwa Anda mengkonsumsi makanan kaya vitamin A, C, D, E, zinc, omega-3 dan protein. Kulit Anda terdiri dari 75% kolagen yang mana bertanggung jawab untuk menjaganya tetap lembut dan elastis. Untuk membantu tubuh Anda memproduksi kolagen, Anda memerlukan nutrisi-nutrisi diatas.
  • Kendalikan berat badan Anda: jagalah berat badan Anda. Usahakan untuk menjaga agar kenaikan berat badan Anda terjadi secara perlahan dan bertahap dan bukannya terjadi dalam waktu yang singkat. Ingatlah bahwa hamil bukan berarti Anda harus makan dua kali lipat dari biasanya, cobalah untuk mengikuti rekomendasi konsumsi kalori saat kehamilan. Berikut ini adalah panduan kenaikan berat badan saat kehamilan:
  • BMI < 18,5 kg/m² = 12,5 – 18 kg
  • BMI 18,5 – 24,9 kg/m² = 11,5 – 16 kg
  • BMI 25 – 29,9 kg/m² = 7 – 11,5 kg
  • BMI > 30 kg/m² = 5 – 9 kg

Catatan: cara menghitung BMI adalah berat badan / (tinggi badan) ²

  • Tunggulah: tunggulah sampai si kecil lahir. Dermatologist Anda dapat menawarkan berbagai perawatan untuk membantu memudarkan stretch marks seperti Retin-A atau terapi laser setelah Anda melahirkan.

Beberapa produk yang bisa membantu untuk memudarkan stretch marks

  • Gold Gamat
  • Pregnancy Butter
  • Bio Oil
  • Vco
  • Lavender essential oil

Untuk mendapatkan produk diatas, Anda dapat mendapatkannya di toko-toko yang terpercaya. Anda juga dapat menghubungi admin Bidan Kita di 085100111884 atau mengunjungi Klinik Bidan Kita di JL. Piere Tendean no.20 RT 001 RW 007, Sikenong, Klaten, Jawa Tengah, dengan membeli produk tersebut baik secara online maupun offline.