Yoga yuk, biar sehat

15349 0

 

Yoga saat ini sangat di minati, apalagi ketika masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya yoga, tidak terkecuali ibu hamil. Antusiasme orang-orang yang pergi berlatih yoga tersebut, sayangnya tidak disertai dengan mengembangkan perhatiannya pada aspek lainnya dari filosofi yoga yang sangat luas dan cukup kompleks, atau bahkan sekaligus mempraktikkannya, padahal  sesungguhnya,dalam fisosofi yoga itu, asana hanyalah salah satu dari delapan tangga (ashtangayoga) menuju keutamaan hidup.    Ada banyak hal yang harus di perhatikan dalam yoga dimana yoga tidak sekedar hanya asanas atau pose saja, namun lebih kearah bagaimana Anda bisa menyatu dengan tubuh dan pikiran.

 

Banyak hal yang harus di pelajari dalam yoga. Ada tiga dasar filosofi Yoga yang merupakan berbagai prinsip yang akan membantu Anda mengubah hidup Anda dan menerima apa yang terbaik bagi Anda. Mengikuti tiga dasar tersebut akan membantu membuat hidup Anda bahagia, sederhana, dan jauh lebih sedikit stres.

  1. Anda harus memiliki cinta kasih terhadap diri Anda juga dengan orang lain, yang seharusnya dimulai sejak saat Anda bangun dari tempat tidur.
  2. Anda harus berhenti mengkritik diri sendiri maupun orang lain dalam hidup Anda. Ketika Anda mengambil tindakan positif Anda akan melihat betapa bedanya dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Anda juga harus memiliki daya memaafkan yang tinggi entah itu memaafkan orang lain atau diri sendiri. Hal ini diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kualitas hidup pribadi. Ini berbahaya bagi seseorang untuk berprasangka buruk terhadap seseorang dan tentu sebaliknya akan lebih sehat untuk membiarkan prasangka itu pergi jauh-jauh!

Yoga juga bermanfaat karena membantu Anda belajar untuk bernapas dalam-dalam dan rileks, yang akan berguna saat Anda menghadapi tuntutan fisik selama masa kehamilan dan persalinan. Bahkan, salah satu hal pertama yang Anda pelajari di kelas yoga adalah bagaimana bernapas dengan baik.

Manfaat yoga tidak terbatas pada kesejahteraan fisik Anda. “Mengambil kelas  prenatal gentle yoga adalah cara yang bagus untuk bertemu wanita hamil lainnya – untuk menjadi bagian dari komunitas,” karena dengan berada di lingkungan yang positif dan mendukung dengan orang lain seperti Anda dapat memberikan dorongan emosional dan membuat Anda termotivasi untuk terus berolahraga.

Carilah instruktur yang secara khusus terlatih dalam prenatal gentle yoga, tetapi jika itu tidak mungkin, pastikan instruktur Anda tahu apa yang Anda harapkan. syukur syukur Anda menemukan Bidan yang juga praktisi dan guru prenatal gentle yoga. karena dengan demikian guru yoga terebut benar benar sudah terlatih dan memahami seluk beluk ibu hamil dengan baik.

  • Prenatal Gentle Yoga di JOGJA ==> tiap SELASA jam 08.30 wib dan 10.30 WIB di Studio Yoga Balance, Hotel Puri Artha
  • Prenatal Gentle Yoga di KLATEN ==> tiap Kamis jam 16.00 WIB dan Minggu jam 08.WIB

dengan bernapas dalam dan teratur seperti Anda melakukan peregangan. dan Anda akan memerlukan modifikasi seiring waktu.

“Dengarkan tubuh Anda dan percaya apa dieritahukan tubuh kepada Anda,”  artinya Jika Anda merasa rasa sakit atau ketidaknyamanan, buatlah modifikasi atau penyesuaian atau meminta instruktur Anda untuk merekomendasikan posisi alternatif.

seperti halnya di kehamilan trimester kedua. Sendi Anda mulai longgar dan lebih elastis karena pengaruh hormon relaksin, jadi lakukan gerakan yoga dengan hati-hati. pelajari dan ketahui pakem pakemnya (ini yang tidak semua guru prenatal yoga biasa memahami) supaya terhindar dari cidera. Sadarilah juga bahwa tubuh Anda akan berubah dan ini aka akan mempengaruhi keseimbangan. Jangan mencoba untuk menahan pose untuk waktu yang lama, dan ingat untuk melakukan  posisi yoga perlahan dan hati-hati untuk menghindari cedera. Luangkan waktu Anda dan jangan berlebihan. Hindari berbaring telentang dalam jangka waktu lama, untuk menjaga darah mengalir dengan baik ke rahim Anda.

Saat memasuki trimester tiga kehamilan, Anda mungkin merasa kurang anggun karena bentuk perut Anda yang semakin besar. tapi percayalah bahwa ibu hamil itu SELALU SEKSI. Anda mungkin akan membutuhkan alat bantu atau Alat peraga seperti blok dan tali juga dapat membantu Anda bergerak melalui berbagai pose dengan stabilitas yang lebih besar. Namun ingat: Jangan menahan pose untuk waktu yang lama; penting untuk terus bergerak.

 

nah Bidan Kita membuat panduan sederhana yang aman dan nyaman untuk Anda.

  • Lakukan warming up Atau pemanasan 5 menit
  • lakukan soft form A sebanyak 2 siklus

  • lakukan pose ini selama 2 siklus

yoga pose circle

  • Lakukan pendinginan selama 10 menit

semoga bermanfaat

Salam hangat

Yesie Aprillia

About The Author

Praktisi dan trainer hypnobirthing dan gentle birth, Penulis buku kesehatan, Pemilik dan bidan dari Klinik Bidan Kita, salah satu pelopor dan penggiat Gentle Birth di Indonesia