Saat Anda hamil, Anda merasa bahagia dan tidak sabar untuk menemui si kecil. Namun, begitu si kecil lahir, alih-alih merasa bahagia, Anda justru merasa sedih, cemas, marah-marah dengan pasangan Anda, dan merasa ingin melarikan diri. Perasaan ini seringkali dialami oleh para ibu, bahkan, berdasarkan penelitian, 60 sampai 80% ibu yang baru melahirkan mengalami hal ini. Perasaan sedih, kesal, dan cemas yang datang secara tiba-tiba ini seringkali disebut dengan baby blues. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai baby blues.

Apa penyebabnya?

Walaupun para ahli belum dapat menentukan penyebab pasti terjadinya baby blues, namun terdapat berbagai hipotesis yang didasarkan dari waktu terjadinya baby blues. Masa postpartum seringkali bukanlah masa yang mudah bagi para ibu. Dengan datangnya anggota keluarga baru yang membutuhkan banyak perhatian, Anda seringkali diharuskan untuk merubah rutinitas dan gaya hidup Anda. Selain itu, di masa postpartum, Anda seringkali tidak mendapatkan tidur yang cukup, belum lagi apabila Anda mengalami masalah saat menyusui seperti ASI macet, payudara lecet, atau bahkan mastitis. Di masa ini, tubuh Anda juga mengalami perubahan hormonal yang cukup ekstrim, seperti hormon estrogen yang menurun sekitar 100 kali lipat dalam kurun waktu 3 hari setelah Anda melahirkan, mulai diproduksinya hormon prolactin yang membantu Anda untuk memproduksi ASI, dan lainnya. Terkadang, terjadinya baby blues dan tingkat keparahanya juga dapat dipengaruhi dari proses persalinan Anda dan trauma yang Anda alami selama proses persalinan.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Apa gejalanya?

Pada umumnya, baby blues dapat terjadi mulai dari 2 sampai 3 hari setelah si kecil lahir. Seringkali kondisi ini akan hilang dengan sendirinya 10 sampai 14 hari setelah si kecil lahir, namun apabila baby blues Anda tidak menghilang setelah 14 hari dan justru menjadi lebih parah atau Anda justru mengalami gejala manik, segera konsultasikanlah dengan provider Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda alami apabila Anda terkena baby blues:

  • Merasa emosional atau menangis karena hal hal sepele atau bahkan tanpa alasan apapun
  • Mengalami mood swing atau sering merasa kesal dan lebih mudah marah
  • Merasa tidak ada ikatan dengan si kecil
  • Merindukan kehidupan Anda yang lampau, seperi kebeasan untuk pergi bermain dengan teman-teman Anda
  • Merasa cemas dan khawatir
  • Merasa tidak dapat istirahat walaupun Anda merasa lelah atau bahkan mengalami insomnia
  • Kesulitan untuk membuat keputusan-keputusan sederhana atau berfikir dengan jernih 

Baby blues vs Postpartum depression