Sakit

Melahirkan adalah salah satu pengalaman yang terbesar yang dapat mengubah hidup Anda … sebuah pengalaman yang selalu terekam dengan kuat di pikiran atau ingatan setiap orang apalagi seorang ibu. sehingga tidak mengherankan bahwa banyak calon ibu yang khawatir tentang proses persalinannya apalagi ketka mereka hendak memiliki bayi untuk pertama kalinya. Ketika kita berpikir tentang melahirkan, kata “sakit” adalah salah satu hal yang pertama datang ke pikiran sebagian besar dari kita. Apalagi, jika ini adalah untuk pertama kalinya bagi Anda. Ini Tidaklah mengherankan mengingat bahwa kebanyakan wanita pernah terkena over-dramatisasi, tentang proses persalinan pada film dan acara TV. Kita lihat saja, di televisi entah di film layar lebar ataupun di sinetron, penggambaran adegan proses melahirkan biasanya begitu menyeramkan dan menakutkan, seolah-olah penuh dengan jeritan, kesakitan, sarat akan komplikasi dan berdarah-darah. Saya merasa hingga saat ini saya belum pernah melihat adegan persalinan yang indah menyenangkan, nyaman dan romantis digambarkan di sebuah film atau sinetron.

di Bidan Kita saya menyediakan pelayanan kelas persiapan persalinan yaitu kelas Hypnobirthing For Gentle Birth yang dilakukan secara privat kepada para calon ibu dan bapak yang menginnginkan mendapatkan pengalaman persalinan yang lancar, normal, lembut dan minim trauma baik trauma pada ibu maupun trauma pada bayinya.

Nah saat pertemuan pertama biasanya saya isi dengan penyamaan persepsi tentang proses persalinan terlebih dahulu. Dan ketika saya menanyakan kepada mereka (pasangan suami istri) tentang apa ketakutan yang dirasakan dan di fikirkan tentang proses melahirkan, maka banyak sekali terungkap berbagai ketakutan yang dialami mereka.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Dan ternyata setelah mengikuti kelas hypnobirthing for gentle birth dan mereka mendapatkan pengetahuan dan persiapan persalinan yang cukup, maka proses persalinan merekpun berjalan sangat lancar bahkan indah dan romantis.

Dan saat ini saya akan mencoba menyusun daftar ketakutan, kekawatiran para calon ibu dan bapak terhadap proses persalinan mereka dan tips tentang bagaimana Anda bisa mengatasinya:

1. Takut rasa nyeri saat persalinan