Pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan alamiah yang luarbiasa untuk melahirkan seorang anak di bumi ini, dan pada jaman dahulu persalinan adalah sebuah urusan domestic yang sangat dihormati dan sangat sacral dan merupakan awal dari sebuah perjalanan spiritual bagi suatu keluarga. Namun dengan berkembangnya jaman, persalinan sudah diolah sedemikian rupa sehingga menjadi konsumsi public, penuh intervensi dan yang paling ironis adalah telah dilupakannya atau diabaikan dan kekuatan alami yang perempuan itu miliki(dan telah sejak awal waktu) untuk kenyamanan dokter dan staf medis.

poto

Namun untungnya ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk mempersiapkan diri dalam persalinan. Pada artikel ini saya akan memberikan gambaran dari pilihan metode persiapan persalinan yang terkenal dan Melahirkan dengan teknik Hypnosis adalah salah satu yang terbaik dari semua pilihan.

Bagaimana sebuah kepercayaan yang sederhana dapat membuat sulit pada saat melahirkan?

Apa gambar yang diciptakan dan apa perasaan yang Anda miliki ketika Anda mendengar kata “Melahirkan? Bagaimana tentang proses persalinan atau Rumah Sakit? ” Apakah “menyakitkan, Menyiksa, bahkan bayangan hidup dan mati atau yang serupa muncul dalam pikiran anda seketika itu juga?

Beberapa decade terakhir ini banyak pesan budaya menjelaskan bahwa proses persalinan/ melahirkan sebagai suatu peristiwa yangluar biasa menyakitkan, yang dapat menyebabkan stres besar dan ketakutan pada ibu. Seberapa sering seorang wanita mendengar cerita tentang proses persalinan yang damai atau tenang? Sangay jarang sekali, justru yang terjadi adalah sebagian besar ibu baru dibombardir dengan cerita-cerita horor tentang kelahiran. Padahal Seorang ibu yang pertama kali hamil dan hendak bersalin tidak tahu apa yang diharapkan, mereka sangat rentan terhadap komentar-komentar atau cerita-cerita negatif tersebut. Meskipun orang lain tidak menyadarinya, mereka membantu untuk mengabadikan mitos bahwa kelahiran HARUS pengalaman yang menyakitkan dan menakutkan. Acara TV dan film menunjukkan bahwa melahirkan adalah periwtiwa yang dramatis atau super menyakitkan, dan  jarang sekali dikemas sebagai peristiwa yang indah dan ajaib.

Bagaimana jika pemikiran tentang persalinan tidak seharusnya seperti itu? Bagaimana jika tubuh wanita sebenarnya diciptakan dengan cara yang hampir menjamin bahwa dia akan memiliki kelahiran lembut dan nyaman, apakah ia hanya akan percaya tubuhnya untuk mengetahui secara naluriah cara melahirkan? Bagaimana jika wanita mempercayai bahwa alam adalah bijaksana, dan kemudian meyakini pada kebijaksanaan bahwa dia dapat melahirkan dengan cara alami dan nyaman?

Luar biasa bukan?

Di pedesaan sekitar 80% dari bayi dilahirkan dengan bantuan bidan, perawat, atau dukun. Sedangkan di perkotaan apalagi kota besar banyak sekali yang melahirkan di RS dengan segala SOP-nya Akibatnya, ia telah menciptakan banyak prosedur untuk kenyamanan dan manfaat dari dokter, bukan untuk keselamatan dan kenyamanan ibu dan bayi. Hasilnya adalah pendekatan agresif lebih sering, daripada pendekatan yang lembut, pasif yang memungkinkan alam untuk berperan dalam proses persalinan tersebut.

Bukankah ini cara yang lebih baik?

Seorang ibu yang telah memiliki pengalaman melahirkan yang indah akan memiliki asosiasi positif dalam pikiran dan emosi kepada bayi mereka, persalinannya lebih mudah, non-traumatik, tidak menyakitkan dan lembut dan ini akan menciptakan hubungan yang sangat positif untuk orangtua. Ini awal yang positif untuk hubungan mereka yang akan meningkatkan interaksi orangtua-anak selamanya. Banyak psikolog percaya bahwa bayi yang lahir dengan lembut tumbuh menjadi orang dewasa lebih lembut, dan memiliki kemampuan lebih besar untuk menangani masalah-masalah dengan non-kekerasan. Melahirkan adalah suatu peristiwa harus dirayakan!

Inilah apa yang akan anda dapatkan apabila anda Melahirkan dengan Hypnosis. Sebuah perayaan kehidupan baru yang nyaman, tenang, dan santai.

Mengapa saya mempelajari dan mendalami hypnobirthing? Karena saya juga mengalami proses persalinan yang nyaman, dan tanpa rasa sakit. dan untuk itu Saya ingin berbagi teknik-teknik sederhana dengan setiap calon sehingga ia dapat memilih bagaimana bayinya lahir ke dunia. Melahirkan dengan teknik Hypnosis memungkinkan ibu untuk mengendalikan pikiran tenang dan pikirannya menempatkan dia dalam keadaan pikiran yang indah dan dia dapat mengkontrol reaksi tubuhnya.

Berikut ini adalah beberapa metode lain yang populer untuk melahirkan:

Metode Bradley

Metode ini diciptakan oleh Robert Bradley, seorang dokter kandungan Amerika juga dikenal sebagai suami-dilatih sebagai pendamping persalinan yang aktif. Pendekatan ini menekankan diet dan latihan untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman kehamilan. Metode ini mencakup tentang kehamilan dan persalinan, relaksasi yang mendalam, fokus ke dalam, dan pernapasan perut lambat. Pasangan/pendamping persalinan diajarkan untuk menjadi peserta aktif dalam proses persalinan. Mereka belajar untuk mengidentifikasi ketika ibu hamil berada dalam ketidaknyamanan, dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan tersebut dalam persalinan. Metode ini menghambat penggunaan obat, kecuali dalam kasus-kasus ekstrim. 86% dari ibu-ibu yang menggunakan teknik Bradley dapat bersalin normal per vaginam tanpa obat. Kelas umumnya dilakukan mingguan selama dua belas minggu.

Metode Lamaze

Metode ini di ciptakan oleh seorang dokter kandungan Perancis, bernama Dr Ferdinand Lamaze dan dikembangkan pada tahun 1940 dan menjadi populer di Amerika Serikat karena buku yang diciptakan oleh Marjorie Karmel, Thanks to Dr Lamaze. Teknik Lamaze mendukung kelahiran sebagai proses alami dan sehat. Ini menekankan bahwa wanita memiliki hak untuk memiliki proses persalinan yang bebas dari intervensi medis, tetapi mereka tidak menganjurkan intervensi medis terhadap rasa nyeri selama persalinan. Metode ini juga sangat pendukung proses menyusui. teknik pernapasan khusus digunakan untuk relaksasi. Penggunaan posisi melahirkan yang berbeda, bola melahirkan atau orgasme untuk mengejan, atau segera saat proses persalinan. Penelitian ini didasarkan pada prinsip respon terkondisi dari praktek dan pengulangan. Pasangan dididik tentang proses persalinan dan dilatih untuk melakukan latihan tertentu. Latihan termasuk mekanika tubuh yang tepat, pengkondisian tubuh untuk persalinan dan melahirkan, relaksasi, dan teknik pernapasan dikendalikan. relaksasi aktif dan pola pernapasan yang fundamental untuk metode ini. Pasangan didorong untuk menetapkan tujuan mereka sendiri untuk sukses. Sebuah kelas selama 10-12 jam ditawarkan dalam berbagai format (akhir pekan, empat minggu, lima minggu, enam minggu, dll) Sistem ini didasarkan pada keyakinan bahwa melahirkan adalah suatu proses yang alamiah, bukan peristiwa medis. Ini mengajarkan orang tua melahirkan kekuatan-kesadaran diri. terdapay empat perspektif: Ibu, Ayah, Bayi dan Budaya. Membantu membangun sebuah pola pikir mengatasi rasa sakit sepenuhnya sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam perjalanan persalinan.

Birthworks

Metode ini mencakup filsafat yang mengembangkan diri wanita-keyakinan dan kepercayaan pada kemampuan bawaan untuk melahirkan. Kelas adalah pengalaman, persiapan fisik dan emosional. pola pernapasan tapi lambat, bernapas dalam-dalam untuk menciptakan relaksasi. Kepercayaan bahwa pengetahuan tentang kelahiran sudah ada dalam setiap wanita dan itu sebuah proses

Waterbirth

Penggunaan kolam air hangat untuk melahirkan adalah sebuah tren yang relatif baru dalam Budaya Barat. Selama tahun 1960-an, peneliti Rusia Igor Charkovsky melakukan penelitian yang cukup besar dalam keselamatan dan manfaat dari waterbirth di Uni Soviet. Pada akhir 1960-an, dokter kandungan dari Perancis Frederick Leboyer mengembangkan praktek merendam bayi yang baru lahir dalam air hangat untuk membantu memudahkan transisi dari rahim ke dunia luar, dan untuk mengurangi dampak dari setiap trauma lahir mungkin terjadi. Dokter kandungan lain dari Perancis, Michel Odent, mengambil pekerjaan Leboyer lebih jauh ketika beberapa wanita menolak untuk keluar dari air untuk melahirkan. Odent menggunakan kolam air hangat untuk penghilang rasa sakit untuk ibu, dan sebagai cara untuk menormalkan proses kelahiran. Odent mulai meneliti manfaat waterbirth bagi bayi yang dilahirkan dan potensi masalah dalam kelahiran tersebut. Pada akhir 1990-an, ribuan wanita telah melahirkan di pusat persalinan-nya Odent di Pithiviers, dan gagasan melahirkan di dalam air telah menyebar di banyak negara-negara Barat lainnya bahkan sampai ke Indonesia, dan sampai saat ini BALI adalah salah satu Center waterbirt di Indonesia.

Para pendukung percaya metode ini memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Berikut ini adalah daftar manfaat potensial.

1. Memberikan kenyamanan yang lebih pada ibu dan mobilitas. Sang ibu memiliki kemudahan yang jauh lebih besar dan kebebasan untuk bergerak secara spontan untuk mengubah posisi untuk membantu turunnya bayi.

2. Penurunan tekanan pada perut. Saat ibu berendam/ mengapung di air hangat kontraksi rahim lebih efisien dan sirkulasi darah menjadi lebih baik, sehingga oksigenasi lebih baik di otot rahim, nyeri lebih sedikit untuk ibu, dan lebih banyak oksigen untuk bayi.

3. Membantu ibu menghemat tenaganya. Perendaman mengurangi oposisi terhadap gravitasi; mendukung berat badan ibu sehingga energinya dapat digunakan untuk mengatasi kontraksi.

4. Air melemaskan otot-otot dasar panggul.

5. Air meminimalkan rasa sakit sehingga secara efektif yang bagi kebanyakan wanita lain metode pengendalian rasa sakit tidak lagi diperlukan.

6. Air merangsang sentuhan dan suhu serat saraf di kulit. Ia memblok impuls dari serat nyeri, yang dikenal sebagai Teori Pain Gateway.

7. Memfasilitasi kala 2 peralinan. Air hangat akan melembutkan otot-otot di vagina, vulva, dan perineum, menyebabkan cedera lebih sedikit pada jaringan tersebut.

Hypno-birthing

Hypno-birthing adalah teknik yang menyenangkan, santai dan bebas stres. Ini merupakan metode dari melahirkan yang didasarkan pada keyakinan bahwa ketika seorang ibu benar siap untuk melahirkan secara fisik, mental dan spiritual, ibu dapat mengalami sukacita dan mampu melahirkan bayinya dengan lebih mudah, lebih nyaman. Selanjutnya, kelahiran sering bebas rasa sakit. Hypno-birthing mengajarkan seni melahirkan dengan cara yang memungkinkan untuk memanfaatkan naluri alamiah untuk melahirkan.

Hypno-birthing menekankan menggunakan pikiran untuk mencapai keadaan relaksasi dan menghilangkan rasa takut, ketegangan dan nyeri selama persalinan dan kelahiran. Konsep Hypno-birthing bukanlah hal yang baru, tetapi adalah “kelahiran kembali” dari filsafat melahirkan sebagaimana yang ada ribuan tahun yang lalu.

Dr Grantly Dick-Read adalah seorang dokter Inggris yang percaya bahwa perempuan mengalami rasa sakit melahirkan adalah psikologis dan karena kekhawatiran tentang proses persalinan. Hal ini disebabkan apa yang disebut sindrom ketakutan-ketegangan-sakit. Dia percaya bahwa jika takut dapat dikurangi, akan mengurangi ketegangan dan rasa sakit bisa diperkecil. Dia adalah salah satu dokter pertama yang membawa suami ke ruang persalinan dan dokter pertama yang menganjurkan “melahirkan normal” pada 1020 itu. Dalam bukunya Melahirkan tanpa Rasa takut yang diterbitkan pada 1944, ia menjelaskan Hypno-birthing sebagai relaksasi nyata — keadaan ini, biasanya dialami sebelum jatuh tertidur. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa hampir tidak mungkin untuk mengkhawatirkan sesuatu. jika ibu benar-benar santai, maka termasuk otot rahim pun juga akan santai. Dr Dick-Read setuju dengan Dr Odent bahwa tanpa rasa takut dan ketegangan, sakit parah tidak harus terjadi dan mengiringi dalam proses melahirkan.

Pikiran / Tubuh aspek metode Hypno-birthing berasal dari Mind / Body program untuk penyembuhan penyakit dikembangkan oleh Carl O. MD Simonton Dr Leclaire O’Neill PhD, RN bekerja dengan Dr Simonton selama 10 tahun. kemudian dikembangkan oleh Marie F. Mongan pada tahun 1989 juga dikenal sebagai Hypno-birthing, yang menggabungkan karya Dr Dick-Read dengan metode Leclaire. Dan di Indonesia pertama kali di kembangkan oleh seorang bidan bernama Lanny Kuswandi.

kelas Hypno-birthing adalah biasanya dikemas dalam seri 3-5 kelas dan mengikuti pola dasar melahirkan kelas-kelas lain, dengan bagian dari program yang ditujukan untuk pendidikan dan bagian lain yang ditujukan untuk demonstrasi dan praktek latihan. Meskipun belum tersedia di beberapa daerah, kelas menjadi semakin populer di seluruh negara. Sebagaimana dengan semua metode, pendidikan tentang melahirkan disertakan. Penekanan dari kelas-kelas adalah pada teknik self-hypnosis untuk mencapai relaksasi yang mendalam, fokus pada pernapasan perut, dan latihan dengan kondisi tubuh untuk melahirkan. kelas ini ditawarkan dalam berbagai format (mis. akhir pekan, kelas mingguan, dll) Saat anak Anda lahir dengan Hypno-birthing, Anda akan terjaga dan waspada dalam keadaan pikiran relaks. Anda tidak akan tertidur, tapi Anda akan benar-benar santai, tetapi dalam kontrol penuh. Anda akan mengalami persalinan dalam suasana relaksasi tenang, bebas dari rasa takut dan ketegangan yang dinyatakan akan menghalangi Anda dari otot berfungsi secara bebas dan alami. Dalam keadaan tenang, anestesi alami tubuh Anda, endorfin, menggantikan hormon terkait stres yang menyebabkan penyempitan dan nyeri. Anda akan menyadari sensasi tubuh Anda dan lonjakan, namun akan dapat menentukan sejauh mana Anda merasa gelora.

Bagian lain dari kelas mengajar teknik hypnosis diri dan rasa takut teknik rilis, untuk mengatasi ketakutan atau kekhawatiran bahwa orang tua baik dapat memegang, dan membantu mereka untuk melepaskan rasa takut yang tidak didasarkan pada realitas. Hypno-birthing membantu Anda untuk melepaskan semua ketakutan akan melahirkan. Anda akan belajar bagaimana untuk mempercayai tubuh Anda dan untuk bekerja dengannya.

Apa yang Anda Pelajari: