breech-pregnancySungsang?! Haduh..antara cemas, bingung, takut kenapa-kenapa, takut jangan-jangan…. Nah sebenarnya apa sih Penyebab atau faktor yang mempengaruhi dan memicu bayi sungsang? antara lain adalah:

kehamilan kembar, dimana ruangan rahim semakin sempit sehingga memungkinkan posisi janin kurang optimal hidrosefalus, cairan amniotik (ketuban) yang berlebihan, sehingga bayi kesulitan menempatkan dan menerapkan kepalanya di bawah anencefaly (bayi yang tidak ada tulang tengkoraknya/ kelainan bawaan), kelainan pada rahim, janin mempunyai tali pusat yang pendek, sehingga untuk memutar mungkin dia mengalami kesulitan ada miom pada rahim sang ibu, janin terlilit tali pusar sehingga tidak bisa berputar dan ukuran (kepala) bayi lebih besar dari panggul ibu. Stres dan kekhawatiran serta rekaman negatif di bawah sadar Kurang balance energi ibu (berkaitan dengan chakra)

Seorang wanita dengan kondisi kehamilan sungsang sebenarnya masih mempunyai kesempatan untuk melahirkan secara normal selama kehamilan letak sungsang tersebut memenuhi beberapa persyaratan yaitu :

Janin tidak terlalu besar untuk melewati panggul ibu. Jika berat janin diperkirakan diatas 3,5 kg maka dokter akan memutuskan untuk melakukan caesar. Ibu punya NIAT yang kuat dan siap untuk bersalin normal Ibu mampu kuasai nafas Plasenta dalam keadaan baik dan posisi yang baik serta kuat Tidak terdapat kelainan pada jalan lahir seperti tumor, dll. Proses tahapan pembukaan jalan lahir berlangsung lancar dan tidak bermasalah

panduan-audio-hypnofertility-ads

Namun demikian persalinan normal dengan posisi bayi sungsang memang mempunyai risiko lebih tinggi dibandingkan posisi bayi normal. Dokter cenderung akan memilih cara persalinan sungsang dengan melakukan melakukan operasi caesar.

3-4 bayi dari 100 bayi akan lahir sungsang. Jika terjadi persalinan prematur kemungkinan melahirkan sungsang akan lebih tinggi. Jika umur kandungan sudah menginjak 28 minggu kemungkinan melakukan persalinan sungsang adalah 25%.

Namun ketika Anda menetapkan diri dan hati untuk tetap berupaya agar bisa melahirkan normal walaupun posisi janin Anda sungsang, Ayo semangat bunda!

Berikut ini adalah beberapa video yang bisa Anda tonton untuk menyemangati. Rata-rata keberhasilan mereka di pengaruhi banyak faktor :