Lakukan pemeriksaan tubuh. Melakukan pemeriksaan tubuh meliputi pemusatan perhatian pada setiap bagian tubuh secara bergantian dan secara sadar membuatnya rileks. Ini adalah teknik meditasi sederhana yang membuat pikiran Anda santai ketika Anda membuat tubuh juga santai.

  • Tutuplah mata dan pilihlah titik awal dari tubuh Anda, biasanya jari kaki. Konsentrasilah pada sensasi apa pun yang dapat Anda rasakan di jari kaki Anda, dan buatlah usaha secara sadar untuk membuat rileks otot yang berkontraksi dan melepaskan ketegangan atau kekakuan. Setelah jari kaki rileks sepenuhnya, lanjutkan menuju kaki dan ulangi proses relaksasi.
  • Lanjutkan sepanjang seluruh tubuh, bergerak ke atas dari kaki menuju betis, lutut, paha, pantat, pinggul, perut, dada, punggung, pundak, lengan, tangan, jari tangan, leher, wajah, telinga, dan bagian atas kepala. Lakukan selama yang Anda inginkan.
  • Setelah Anda menyelesaikan proses relaksasi setiap bagian tubuh, pusatkan pada tubuh secara keseluruhan dan nikmati sensasi ketenangan dan kebebasan yang telah Anda dapatkan. Pusatkan pada pernapasan selama beberapa menit sebelum menyelesaikan latihan meditasi Anda.
  •  Cobalah meditasi cakra jantung. Cakra jantung merupakan salah satu dari tujuh cakra, atau pusat energi, yang terletak di dalam tubuh. Cakra jantung terletak di tengah dada dan dihubungkan dengan rasa cinta, kebaikan, damai dan penerimaan. Meditasi cakra jantung termasuk berhubungan dengan perasaan-perasaan tersebut dan mengirimkannya keluar pada orang lain.

    • Untuk memulainya, tutup kedua mata Anda dan gosokkan kedua telapak tangan bersama untuk menciptakan kehangatan dan energi. Lalu, tempatkan tangan kanan di tengah dada, di atas cakra jantung, dan tempatkan tangan kiri di atas.
    • Hiruplah napas dalam dan sambil mengeluarkannya, katakan “yum”, yang merupakan getaran yang dihubungkan dengan cakra jantung. Ketika melakukan hal ini, bayangkan energi hijau yang berpendar memancar dari dada dan menuju ke dalam telapak tangan.
    • Energi hijau ini adalah cinta, kehidupan dan apa pun emosi positif yang Anda rasakan pada saat itu. Ketika Anda sudah siap, lepaskan tangan dari dada dan biarkan energi tersebut lepas dari telapak tangan, yang mengirimkan cinta Anda pada orang yang Anda cintai dan dunia ini.
    • Rasakan tubuh dari dalam. Dapatkah Anda merasakan medan energi di dalam tubuh, terutama di lengan dan kaki? Jika Anda tidak dapat merasakannya, tidak apa-apa. Tapi bayangkan, bagaimana kita dapat menggerakkan berbagai bagian tubuh? Itu karena adanya medan energi yang mengalir di dalam tubuh kita. Pusatkan perhatian pada medan energi tersebut, hal itu tidak hanya membantu Anda tetap ada saat ini, tapi juga membantu Anda terhubung dengan keberadaan dan aliran kehidupan di dalam diri Anda.
  •  Cobalah meditasi berjalan. Meditasi berjalan adalah bentuk selingan dari meditasi yang meliputi pengamatan pergerakan kaki dan merasakan hubungan tubuh dengan bumi. Jika Anda berencana melakukan sesi meditasi yang mengharuskan duduk dengan lama, maka sangat bagus untuk menyelinginya dengan meditasi berjalan.

    • Pilihlah lokasi yang sepi untuk melatih meditasi berjalan Anda, dengan pengalihan perhatian sesedikit mungkin. Ruangannya tidak perlu besar, tapi sebaiknya Anda dapat berjalan setidaknya tujuh langkah dalam garis lurus sebelum harus berbelok. Lepaskan sepatu, jika mungkin.
    • Dengan menahan kepala tegak, pandangan diarahkan lurus ke depan, dan tangan saling menggenggam di depan, lakukan langkah pelan dan tenang yang diawali dengan kaki kanan Anda. Lupakan segala sensasi atau perasaan di kaki dan cobalah berkonsentrasi pada pergerakan itu sendiri. Setelah melakukan langkah pertama, berhentilah sebentar sebelum melakukan langkah berikutnya. Hanya satu kaki yang bergerak pada suatu saat.
    • Ketika mencapai akhir dari jalur berjalan, berhentilah sepenuhnya dengan kedua kaki rapat. Lalu berputarlah pada kaki kanan dan berbalik arah. Lanjutkan berjalan ke arah yang berbeda, menggunakan pergerakan yang sama yaitu pelan dan tenang seperti sebelumnya.
    • Ketika berlatih meditasi berjalan, usahakan fokus pada pergerakan kaki dan bukan bagian lainnya, dalam cara yang sama seperti ketika Anda fokus pada naik dan turunnya napas selama meditasi pernapasan. Usahakan membersihkan pikiran dan merasakan hubungan antara kaki dengan bumi di bawah.

    Meditasi dalam Kehidupan Sehari-hari

    1.  Praktikkan kesadaran penuh dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi tidak harus terbatas hanya ketika sesi latihan saja, tapi Anda juga dapat berlatih kesadaran penuh dalam kehidupan sehari-hari.

      • Sebagai contoh, dalam keadaan stres, cobalah luangkan waktu beberapa detik untuk fokus hanya pada pernapasan Anda dan kosongkan pikiran dari segala pemikiran dan emosi negatif.
      • Anda juga dapat berlatih kesadaran penuh ketika makan, merasakan makanan dan sensasi yang Anda alami ketika makan.
      • Tidak peduli tindakan apa yang Anda lakukan di dalam kehidupan sehari-hari, baik duduk di depan komputer atau menyapu lantai, cobalah lebih merasakan pergerakan tubuh Anda dan bagaimana perasaan Anda saat ini. Inilah yang disebut hidup dengan kesadaran penuh.
    2.  Ikuti gaya hidup sehat. Sebuah gaya hidup yang sehat dapat berperan dalam meditasi yang lebih efektif dan menguntungkan, jadi cobalah makan secara sehat, berolahraga dan cukup tidur. Sebaiknya Anda juga menghindari terlalu sering menonton televisi, minum atau merokok sebelum meditasi, karena aktivitas-aktivitas tersebut dapat menumpulkan pikiran dan mencegah Anda mendapatkan tingkat konsentrasi yang dibutuhkan untuk sukses melakukan meditasi.
    3.  Bacalah buku-buku rohani. Meskipun hal ini tidak sesuai untuk semua orang, ada orang yang merasa bahwa membaca buku dan tulisan rohani dapat membantu mereka unuk memahami meditasi lebih jauh dan mengilhami mereka dalam usaha pemahaman rohani dan ketenangan batin.
    4. Ikuti kursus meditasi terpandu. Jika Anda merasa tidak tahu bagaimana memulai meditasi di rumah, mungkin lebih baik mengikuti kursus meditasi terpandu dengan guru yang berpengalaman.

      • Kursus meditasi tersedia untuk sebagian besar jenis meditasi, tapi Anda juga dapat mencoba mengikuti retret rohani di mana Anda akan mendapat kesempatan untuk mengalami berbagai jenis meditasi dan mencari jenis meditasi mana yang sesuai untuk Anda.
    5.  Cobalah bermeditasi pada waktu yang sama setiap hari. Berusaha melakukan latihan meditasi pada waktu yang sama setiap hari adalah hal yang penting. Dengan cara ini, meditasi dengan cepat akan menjadi bagian rutinitas harian dan Anda akan merasakan keuntungan yang jauh lebih besar.

      • Awal pagi hari merupakan waktu yang baik untuk bermeditasi, sebelum pikiran Anda mengalami tekanan dan kecemasan pada hari itu.
      • Tapi melakukan meditasi segera setelah makan bukan merupakan hal yang baik, karena Anda mungkin merasa tidak nyaman dan hal ini akan mengganggu konsentrasi Anda.