Pahami bahwa meditasi adalah sebuah perjalanan. Tujuan meditasi adalah untuk menenangkan pikiran, mendapatkan ketenangan batin, dan pada akhirnya mencapai dimensi rohani yang lebih tinggi, yang sering disebut sebagai keberadaan diri.

  • Tapi penting untuk disadari bahwa hal ini membutuhkan latihan bertahun-tahun untuk mendapatkan tingkat kesadaran atau kesadaran yang lebih tinggi yang dialami oleh para yogi dan biarawan. Tapi hal ini bukan masalah asalkan Anda tekun berlatih.
  • Meditasi adalah perjalanan, sama seperti mendaki gunung, di mana setiap langkah sepanjang jalan pencerahan membawa Anda lebih dekat menuju puncaknya.
  • Ketika memulai, sebaiknya Anda jangan terlalu menghiraukan kualitas meditasi itu sendiri. Asalkan Anda merasa lebih tenang, bahagia dan damai pada akhir latihan, Anda tahu bahwa meditasi Anda telah berhasil.

Tips

  • Jika Anda merasa kesulitan bermeditasi selama jangka waktu yang telah Anda pilih, untuk sementara cobalah waktu yang lebih pendek. Hampir semua orang dapat bermeditasi selama satu atau dua menit tanpa mengalami gangguan pikiran. Lalu, ketika lautan pikiran telah tenang, secara bertahap perpanjang sesi meditasi hingga mencapai lama waktu yang diinginkan.
  • Keuntungan meditasi dapat dialami jauh sebelum praktisi meditasi berhasil memelihara fokus atau membersihkan pikiran, sebagai akibat dari latihan tersebut.
  • Dengan postur tubuh yang baik, akan lebih mudah untuk bernapas karena paru-paru akan memiliki ruang lebih luas. Pada kenyataannya, Anda mungkin memperhatikan bagaimana sebagian besar otot di dalam tubuh bekerja untuk membantu Anda bernapas, dari otot di dasar panggul hingga otot yang ada di leher, berpusat pada otot pernapasan utama, yaitu diafragma. Otot-otot tersebut hanya bekerja sedikit dan membantu diafragma. Jika Anda memperhatikan hal ini, maka ini merupakan pertanda bagus bahwa Anda telah menerapkan postur tubuh yang baik. Postur tubuh yang tepat mudah dilakukan dan nyaman. Anda hampir merasa seolah sedang melayang.
  • Apa yang Anda lakukan dengan pikiran yang hening adalah terserah pada Anda. Ada orang yang merasa bahwa saat itu merupakan saat yang baik untuk mengenalkan niat atau hasil yang diinginkan pada pikiran bawah sadar. Sedangkan orang yang lain lebih memilih “istirahat” di dalam keheningan yang dihasilkan dari meditasi. Untuk orang yang religius, meditasi sering digunakan untuk berhubungan dengan Tuhan mereka dan mendapatkan penglihatan.
  • Jika Anda ingin bermeditasi tapi merasa kelelahan, sakit atau hal lainnya, bahkan hanya tidak rileks, hingga sampai pada keadaan di mana Anda mencoba tapi gagal, cobalah melakukan sesuatu yang membuat rileks. Berjalan-jalan atau berlari, lalu mandi, karena semuanya itu akan meredakan tekanan. Lalu kembalilah, dan coba bermeditasi lagi.
  • Jangan biarkan suara hati Anda masuk melalui pintu belakang pikiran Anda. Awasi saja, tapi jangan mendengarkannya.
  • Usahakan berhati-hati tentang suasana hati dan pikiran Anda ketika tidak sedang bermeditasi. Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda merasa lebih tenang, bahagia, dan pandai pada hari-hari ketika Anda telah melakukan meditasi, dan memperhatikan adanya pengurangan kualitas dalam hal ini pada hari ketika tidak melakukan meditasi.
  • Lakukan apa yang paling sesuai untuk Anda. Hal yang sesuai untuk orang lain mungkin memiliki teknik yang tidak sesuai dengan Anda. Jangan biarkan hal itu memadamkan semangat Anda. Ingatlah untuk rileks!
  • Mudah untuk hanyut dalam waktu ketika bermeditasi. Memikirkan waktu dapat mengalihkan perhatian pada meditasi. Ada orang yang merasa lebih bebas untuk memakai pewaktu dan membiarkan pewaktu itu yang menunjukkan berapa lama Anda telah bermeditasi. Pilihlah pewaktu dengan suara yang pelan. Jika suaranya terlalu berisik, antisipasi terhadap suara alarm itu dapat mengalihkan perhatian ketika bermeditasi.
  • Beberapa keuntungan meditasi yang kurang disadari oleh sebagian besar orang di antaranya: lebih mudah tertidur, lebih mudah melawan kecanduan, pengubahan keadaan pikiran (yang merupakan hal paling menonjol bagi orang-orang yang telah bermeditasi lebih dari seribu jam seperti biarawan Buddha).
  • Jangan mengharapkan hasil yang cepat. Tujuan bermeditasi bukan untuk mengubah Anda menjadi ahli Zen hanya dalam semalam. Meditasi paling bermanfaat jika dilakukan demi diri sendiri, tanpa terpengaruh dengan hasilnya.
  • Meditasi yang telah dipraktikkan selama jangka waktu yang lama telah terbukti memiliki banyak hasil berguna dan merupakan praktik yang layak dilanjutkan. Berbagai keuntungannya meliputi: peningkatan kewaspadaan dan kesadaran, pengurangan stres, suasana hati yang lebih tenang dan santai, peningkatan ingatan dan fokus, dan peningkatan jumlah sel otak dalam berbagai bagian otak.