Kita seringkali mendengar kasus kehamilan diluar nikah atau kehamilan yang tidak direncanakan yang akhirnya membuat kita berfikir bahwa kita dapat langsung hamil dengan mudah apabila kita berhubungan seksual dengan pasangan kita. Namun, kenyataannya tidak semudah itu karena kehamilan memerlukan waktu. Sebagai gambaran, perempuan sehat berumur 30 tahun hanya memiliki peluang sebanyak 20% setiap bulannya untuk hamil, jadi sangat normal apabila Anda memerlukan waktu beberapa bulan atau bahkan lebih lama untuk dapat hamil.

Apabila Anda dan pasangan Anda mulai berencana untuk memiliki anak, Anda pastinya sudah memikirkan tentang kesuburan Anda dan cara untuk meningkatkanya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda dan pasangan Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan Anda dan pasangan Anda.

  • Konsumsi makanan yang sehat

Walaupun tidak ada makanan yang spesifik didesain untuk meningkatkan kesuburan, tapi mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Pastikan bahwa keperluan nutrisi Anda seperti potrein, zat besi, zinc, vitamin C, vitamin D, dan lemak Anda terpenuhi. Kurangnya salah satu nutrisi tersebut dapat dikaitkan dengan siklus menstruasi yang bertambah panjang sehingga ovulasi Anda tidak berlangsung sebanyak semestinya, membuat Anda lebih susah untuk hamil. Selain itu, walaupun lemak sangat penting bagi tubuh Anda, tetapi hindarilah konsumsi lemak trans atau lemak yang seringkali dijumpai di makanan olahan. Lemak tipe ini dapat menjadi bahaya karena merupakan bentuk dari lemak jenuh. Lemak tipe ini sering kali diasosiasikan dengan masalah ovulasi dan ketidaksuburan. Untuk lemak, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti lemak dalam sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa jenis ikan seperti salmon.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Untuk laki-laki, konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, studi menunjukkan bahwa antioksidan dapat meningkatkan kesuburan baik bagi Anda maupun pasangan Anda. Ada banyak jenis antioksidan, namun berikut ini adalah beberapa yang telah diteliti untuk potensinya meningkatkan kesehatan sperma: