Masa kehamilan adalah masa yang penuh dengan kebahagiaan, tapi hal ini tidak berarti Anda bebas dari segala kekhawatiran tentang kehamilan Anda. Salah satu kekhawatiran ini adalah mengenai perut Anda yang mulai membesar. Berhubung Anda tidak punya kemampuan mata X-Ray yang membuat Anda dapat melihat apa yang ada di dalam rahim Anda, maka satu satunya petunjuk yang Anda punya adalah apa yang dapat Anda lihat dan rasakan. Hal ini membuat kekhawatiran mengenai bentuk perut Anda saat hamil menjadi sangat umum dialami para ibu-ibu yang sedang hamil. Berhubung ada sangat banyak mitos dan kekhawatiran mengenai bentuk perut ketika hamil, artikel kali ini akan membahas mengenai serba serbi mengenai bentuk perut.

Macam-macam bentuk perut yang biasa menimbulkan kekhawatiran

  • Perut kecil

Apabila perut Anda kecil seringkali orang-orang menanyakan apa Anda kurang makan atau memberikan komentar bahwa perut Anda terlihat kecil untuk umur kehamilan Anda bahkan ketikan Anda telah makan dan mencukupi nutrisi Anda dengan baik, berolahraga secara teratur, dan melakukan kontrol kehamilan secara teratur. Hal ini terkadang dapat membuat Anda khawatir. Namun sebenarnya, sama seperti bayi, bentuk perut seorang ibu saat hamil sangat beragam mulai dari bentuk sampai ukuran.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Pada saat Anda kontrol ke provider Anda, provider Anda akan mengukur ukuran bayi Anda dan ukuran perut Anda. Ukuran ini akan memberi tahu Anda mengenai pertumbuhan perut Anda. Apabila otot perut Anda sangat kuat, rapat, dan ketat, otot tersebut akan mencegah rahim Anda untuk menonjol kedepan sampai sejauh yang orang-orang awam pikirkan. Selain itu, apabila Anda tinggi, perut Anda akan tampak lebih kecil daripada ibu yang lebih pendek dengan ukuran perut yang sama.

  • Perut besar

Perut Anda dapat terlihat besar baik karena posisi bayi Anda atau karena Anda memiliki tubuh yang kecil. Apabila ini bukan kehamilan Anda yang pertama, Anda mungkin menyadari bahwa perut Anda tampak lebih besar dari kehamilan sebelumnya. Hal ini karena setelah satu kehamilan, otot Anda telah sedikit meregang dan akan dengan lebih mudah menyerah terhadap tekanan yang diberikan oleh rahim Anda yang mulai membesar. Di beberapa kasus tertentu, perut yang besar dapat disebabkan oleh kondisi dimana Anda memiliki air ketuban yang berlebih atau polyhidramnios. Untuk mengetahui serba serbi tentang air ketuban, klik disini.

  • Posisi perut tinggi

Posisi perut semacam ini cukup umum ditemui, terutama di trimester-trimester awal. Namun, adapula beberapa ibu yang memiliki bentuk perut seperti ini sepanjang kehamilannya, terutama ibu-ibu yang memiliki otot perut yang sangat kuat. Terlepas dari mitos yang beredar, posisi perut Anda bukanlah indikator mengenai jenis kelamin bayi Anda.

  • Perut gantung

Perut gantung seringkali dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Beberapa ibu memang memiliki perut gantung, namun seringkali, perut gantung ini juga disebabkan oleh otot dan ligamen yang telah meregang dan melemah sehingga tidak dapat menyangga beban dari rahim Anda yang terus membesar. Salah satu masalah yang dialami oleh ibu-ibu yang memiliki perut gantung adalah sakit di area punggung bawah. Olahraga seperti yoga dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa sakit atau ketidaknyamanan yang Anda alami selama masa masa ini.

  • Bentuk perut melebar

Bentuk perut melebar dapat berarti posisi bayi Anda melintang. Hal ini biasanya tidak menjadi masalah kecuali apabila bayi Anda tetap tidak memutar sampai dengan waktu ia dilahirkan. Selain itu, apabila berat badan Anda berlebih ketika Anda hamil, Anda mungkin akan menyadari bahwa bentuk perut Anda lebih lebar daripada ibu-ibu lainnya.