Bentuk Perut Yang Wajib Diketahui

Masa kehamilan adalah masa yang penuh dengan kebahagiaan, tapi hal ini tidak berarti Anda bebas dari segala kekhawatiran tentang kehamilan Anda. Salah satu kekhawatiran ini adalah mengenai perut Anda yang mulai membesar. Berhubung Anda tidak punya kemampuan mata X-Ray yang membuat Anda dapat melihat apa yang ada di dalam rahim Anda, maka satu satunya petunjuk yang Anda punya adalah apa yang dapat Anda lihat dan rasakan. Hal ini membuat kekhawatiran mengenai bentuk perut Anda saat hamil menjadi sangat umum dialami para ibu-ibu yang sedang hamil. Berhubung ada sangat banyak mitos dan kekhawatiran mengenai bentuk perut ketika hamil, artikel kali ini akan membahas mengenai serba serbi mengenai bentuk perut.

Macam-macam bentuk perut yang biasa menimbulkan kekhawatiran

  • Perut kecil

Apabila perut Anda kecil seringkali orang-orang menanyakan apa Anda kurang makan atau memberikan komentar bahwa perut Anda terlihat kecil untuk umur kehamilan Anda bahkan ketikan Anda telah makan dan mencukupi nutrisi Anda dengan baik, berolahraga secara teratur, dan melakukan kontrol kehamilan secara teratur. Hal ini terkadang dapat membuat Anda khawatir. Namun sebenarnya, sama seperti bayi, bentuk perut seorang ibu saat hamil sangat beragam mulai dari bentuk sampai ukuran.

Pada saat Anda kontrol ke provider Anda, provider Anda akan mengukur ukuran bayi Anda dan ukuran perut Anda. Ukuran ini akan memberi tahu Anda mengenai pertumbuhan perut Anda. Apabila otot perut Anda sangat kuat, rapat, dan ketat, otot tersebut akan mencegah rahim Anda untuk menonjol kedepan sampai sejauh yang orang-orang awam pikirkan. Selain itu, apabila Anda tinggi, perut Anda akan tampak lebih kecil daripada ibu yang lebih pendek dengan ukuran perut yang sama.

  • Perut besar

Perut Anda dapat terlihat besar baik karena posisi bayi Anda atau karena Anda memiliki tubuh yang kecil. Apabila ini bukan kehamilan Anda yang pertama, Anda mungkin menyadari bahwa perut Anda tampak lebih besar dari kehamilan sebelumnya. Hal ini karena setelah satu kehamilan, otot Anda telah sedikit meregang dan akan dengan lebih mudah menyerah terhadap tekanan yang diberikan oleh rahim Anda yang mulai membesar. Di beberapa kasus tertentu, perut yang besar dapat disebabkan oleh kondisi dimana Anda memiliki air ketuban yang berlebih atau polyhidramnios. Untuk mengetahui serba serbi tentang air ketuban, klik disini.

  • Posisi perut tinggi

Posisi perut semacam ini cukup umum ditemui, terutama di trimester-trimester awal. Namun, adapula beberapa ibu yang memiliki bentuk perut seperti ini sepanjang kehamilannya, terutama ibu-ibu yang memiliki otot perut yang sangat kuat. Terlepas dari mitos yang beredar, posisi perut Anda bukanlah indikator mengenai jenis kelamin bayi Anda.

  • Perut gantung

Perut gantung seringkali dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Beberapa ibu memang memiliki perut gantung, namun seringkali, perut gantung ini juga disebabkan oleh otot dan ligamen yang telah meregang dan melemah sehingga tidak dapat menyangga beban dari rahim Anda yang terus membesar. Salah satu masalah yang dialami oleh ibu-ibu yang memiliki perut gantung adalah sakit di area punggung bawah. Olahraga seperti yoga dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa sakit atau ketidaknyamanan yang Anda alami selama masa masa ini.

  • Bentuk perut melebar

Bentuk perut melebar dapat berarti posisi bayi Anda melintang. Hal ini biasanya tidak menjadi masalah kecuali apabila bayi Anda tetap tidak memutar sampai dengan waktu ia dilahirkan. Selain itu, apabila berat badan Anda berlebih ketika Anda hamil, Anda mungkin akan menyadari bahwa bentuk perut Anda lebih lebar daripada ibu-ibu lainnya.

Baca Juga  Manfaat Air Lemon untuk Kehamilan

Apa bentuk perut menandakan jenis klamin bayi?

Sebagian besar mitos yang seringkali berkeliaran di masyarakat mengenai bentuk perut saat hamil adalah bahwa bentuk, posisi, dan ukuran perut Anda saat hamil dapat menandakan jenis kelamin bayi. Apakah hal ini fakta atau hanya mitos belaka. Jika mitos, apakah ada setitik kebenaran yang mendasarinya?

  • Posisi perut di atas vs di bawah

Berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat, apabila posisi perut Anda di atas, ini artinya anak Anda perempuan, sedangkan posisi perut di bawah berarti anak Anda laki-laki. Namun sebenarnya posisi perut diatas dan dibawah ditentukan dengan karakteristik fisik seperti struktur kerangka dan otot Anda. Di kehamilan pertama, terkadang perut Anda tampak diatas. Namun, di kehamilan berikutnya dimana perut Anda sudah pernah teregang sebelumnya, posisi perut Anda akan lebih berada dibawah. Jadi posisi perut ini bukan ditentukan oleh jenis kelamin bayi.

  • Ukuran perut

Untuk ukuran perut, mitosnya adalah bahwa apabila anak Anda laki-laki, perut Anda akan lebih besar dan apabila anak Anda perempuan, perut Anda akan lebih kecil. Faktanya, apabila kita dapat melihat jenis kelamin bayi dengan mata telanjang, maka jenis kelamin ini akan memiliki peran dalam menentukan berat badan bayi saat lahir. Menurut data dari WHO yang dipublikasikan oleh CDC, bayi perempuan di persentil ke 50 memiliki berat kurang lebih 3,2 kg dan memiliki panjang 49,1 cm, sedangkan bayi laki laki memiliki berat kurang lebih 3,3 kg dengan panjang 49,9 cm. Hal ini berarti perempuan dan laki-laki hanya memiliki selisih 0,1 kg dan 0,8 cm. Selisih tersebut tentu saja tidak dapat mempengaruhi ukuran perut Anda secara signifikan.

  • Menonjol vs Melebar

Berdasarkan teori ini, bentuk perut Anda dapat menandakan jenis kelamin bayi. Perut yang sempit dan menonjol berarti laki-laki dan perut yang melebar berarti perempuan. Apakah teori ini benar? jawabannya adalah TIDAK. Kalau begitu kenapa ada ibu yang memiliki bentuk perut yang melebar dan ada yang memiliki perut yang menonjol dan sempit? Pertanyaan ini memiliki dua jawaban, diastasis recti dan posisi bayi. Tekanan dari bayi Anda dapat menekan otot perut Anda sehingga otot perut Anda tergeser kesamping, membuat ruang ditengahnya sehingga perut Anda tampak lebih menonjol dan sempit. Kaitannya dengan posisi bayi, apabila punggung bayi Anda berhadapan dengan tulang punggung Anda, maka perut Anda akan tampak lebih menonjol sedangkan apabila punggung bayi Anda paralel dengan tulang punggung Anda maka perut Anda akan cenderung melebar. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai posisi bayi, klik disini. 

Baca Juga  Cara Menjadi Pendamping Persalinan yang Sempurna

Faktor apa yang menentukan bentuk perut Anda?

Beberapa faktor yang menentukan bentuk perut Anda adalah sebagai berikut:

  • Kehamilan pertama : Apabila ini adalah kehamilan pertama Anda, perut Anda mungkin akan terlihat lebih kecil dan padat karena otot perut Anda belum pernah teregang sebelumnya sehingga lebih kuat dan lebih tegang.
  • Kehamilan kedua atau lebih : Berhubung otot perut Anda telah teregang dari kehamilan sebelumnya, maka perut Anda akan tampak lebih besar dari kehamilan sebelumnya kecuali apabila Anda sering berolahraga atau adalah seorang atlet. Ingatlah bahwa perut yang lebih besar ini tidak berarti bayi Anda lebih besar.
  • Diastasis Recti : Apabila Anda memiliki diastesis recti, Anda mungkin akan menyadari bahwa bentuk perut Anda tampak lebih menonjol. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai diastasis recti, klik disini.
  • Volume air ketuban : Selama masa kehamilan Anda, volume air ketuban Anda akan terus berubah. Air ketuban Anda akan cenderung banyak di trimester kedua dan akan mulai berkurang di trimester ketiga. Volume air ketuban inilah yang akan membuat perut Anda tampak besar atau kecil.
  • Pergantian posisi bayi : Di trimester kedua, bayi Anda mungkin akan menjadi aktif dan banyak bergerak. Hal ini dapat mempengaruhi bentuk perut Anda. Di trimester ketiga, berhubung kepala bayi Anda mulai turun ke panggul, perut Anda akan terlihat lebih besar di area bawah.
  • Tinggi ibu : Berhubung ibu yang lebih tinggi memiliki batang tubuh yang lebih panjang, bayi Anda memiliki lebih banyak ruang untuk bertumbuh. Hal ini membuat perut Anda tumbuh keatas dan bukan keluar. Disisi lain, apabila Anda memiliki fisik yang cenderung pendek, bayi Anda akan mendorong perut Anda keluar dan bukan keatas.
Baca Juga  SERBA SERBI AIR KETUBAN (Harus diketahui Calon Orang Tua)

Kapan perut Anda akan mulai terlihat?

Berikut ini refrensi mengenai kapan perut Anda akan mulai terlihat seiring dengan pertumbuhan bayi. Ingatlah bahwa ini hanya bersifat sebagai refrensi dan bahwa hal ini dapat berbeda dari ibu satu dengan lainnya.

  • Bulan pertama (minggu ke 1-4) : tidak ada perubahan di perut Anda, bayi Anda masih berukuran kurang lebih 0,6 cm.
  • Bulan kedua (minggu ke 5-8) : perut lebih keras, tidak ada perubahan yang signifikan di perut Anda, bayi Anda berukuran kurang lebih 1,6 cm.
  • Bulan ketiga (minggu ke 9-13) : perut Anda sedikit menonjol di area bawah, bayi Anda berukuran kurang lebih 7,4 cm.
  • Bulan keempat (minggu ke 14-17) : perut Anda mulai bertumbuh, bayi Anda berukuran kurang lebih 13 cm.
  • Bulan kelima (minggu ke 18-21) : perut Anda mulai terlihat dan bentuknya dapat bermacam macam, bayi Anda berukuran kurang lebih 25,6 cm.
  • Bulan keenam (minggu ke 22-26) : perut Anda bertumbuh dua kali lipat dan mulai terlihat seperti bola basket, bayi Anda berukuran kurang lebih 35,6 cm.
  • Bulan ketujuh (minggu ke 27-30) : di minggu-minggu ini ukuran perut Anda dapat sedikit lebih besar atau constant, bayi Anda berukuran kurang lebih 39,9 cm.
  • Bulan kedelapan (minggu ke 31-35) : ukuran perut Anda tetap sama, tapi terlihat lebih besar, bayi Anda berukuran kurang lebih 46,2 cm.
  • Bulan kesembilan (minggu ke 36-40) : perut Anda terlihat lebih besar, bayi Anda berukuran kurang lebih 51,2 cm.

Apabila Anda tidak melihat perubahan diatas atau memiliki kekhawatiran mengenai bentuk atau ukuran perut Anda, ingatlah untuk tetap tenang dan konsultasikanlah dengan provider Anda.

Knowledge is power~

Sumber:

– https://www.cdc.gov/growthcharts/who/girls_length_weight.htm
– https://www.momjunction.com/articles/pregnant-belly_00475133/
– https://sneakpeektest.com/blog/types-of-pregnant-belly-shapes/
– https://www.verywellfamily.com/concerns-about-your-pregnant-belly-2759765