Tidak sedikit ibu yang mengeluh mengalami wasir /ambeien setelah melahirkan, bahkan banyak juga ibu hamil yang mengalami wasir karena disebabkan beberapa hal, karena  hormon, tekanan internal akibat proses kehamilan maupun proses persalinan, juga karena sembelit.

Wasir /ambeien dapat terasa mulai dari menjengkelkan hingga cukup menyakitkan, tetapi kabar baiknya adalah sebagian besar wasir /ambeien merupakan penyakit yang tidak serius. Bahkan sebagian besar cenderung sembuh dengan perawatan yang baik.

Beberapa jenis wasir /ambeien yang perlu Anda ketahui Antara lain:

  1. Wasir /ambeien internal (dalam)Ambeien internal biasanya terbentuk di dalam rektum dan di atas garis pektinat, yaitu batas yang membagi dua per tiga saluran anus bagian atas dan bawah. Jenis ambeien ini biasanya ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya.Meski meradang dan dapat membengkak, benjolan jarang keluar dari anus. Selain itu, jenis wasir ini jarang menimbulkan rasa nyeri parah. Jika semakin meradang, kejang otot akan lebih sering terjadi dan gejala wasir /ambeien lainnya akan bermunculan tapi ringan.

    Berdasarkan tingkat prolapsnya, wasir /ambeien internal terbagi menjadi beberapa derajat sebagai berikut.

    panduan-audio-hypnofertility-ads

    Derajat satu: benjolan terjadi di dalam dan akan mengeluarkan darah saat Anda buang air besar.

    Derajat dua: benjolan dapat keluar dari anus karena gerakan usus dan masuk kembali ke dalam anus secara spontan dengan sendirinya.

    Derajat tiga: benjolan dapat keluar dari anus, tapi tidak masuk dengan sendirinya. Anda perlu mendorongnya dengan tangan supaya benjolan kembali masuk ke dalam.

    Derajat empat: benjolan telah keluar dari anus dan tidak bisa di dorong masuk. Ini menjadi tanda bahwa ambeien internal telah berkembang menjadi ambeien jenis lainnya, yaitu ambeien prolaps.

    Tidak semua pasien yang mengalami jenis ambeien internal merasakan gejala atau perdarahan yang signifikan. Namun, bila telah prolaps atau keluar ke permukaan anus, maka jaringan benjolan bisa saja menimbulkan iritasi dan gatal-gatal.

  2. Wasir /ambeien prolaps

Ambeien internal yang semakin parah atau terjadi secara berulang bisa berkembang menjadi ambeien prolapse. Benjolan pada ambeien ini sudah keluar dari anus dan benjolannya tidak bisa dikembalikan dengan pendorongan oleh tangan.