GELOMBANG RAHIM aliyas KONTRAKSI merupakan satu hal yan PALING PENTING pada proses persalinan. Karena proses persalinan tidak akan terjadi apabila tidak ada kontraksi.

Saat proses persalinan, kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk pergi ke RS atau Klinik juga ditentukan dari sudah teratur atau belum, sudah intens atau belum kontraksi Anda.

Walaupun beberapa orang menganggap gelombang Rahim (aka kontraksi) ini adalah Sesutu yang terasa kurang nyaman hingga menyakitkan, namun karena kontraksi ini dianggap penting, sehingga kontraksi ini dianggap sesuatu hal yang HARUS TERJADI, dan kontraksi adalah sesuatu yang dipandang baik, karena melakukan pekerjaan penting dalam proses persalinan.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Nah namun pernah tidak Anda mengalai kontraksi yang TERLALU BANYAK, TERLALU SERING atau bahkan TERLALU KUAT sehingga bisa berbahaya bagi Anda atau bayi Anda?

Mari kita lihat apa yang terjadi ketika Anda mengalami kontraksi rahim yang abnormal atau berlebihan — khususnya jenis kontraksi abnormal yang dikenal sebagai takisistol uterus (Uterine Tachysystole).

Memahami Uterine Tachysystole Dalam makalah penelitian tahun 2013, American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) meminta para dokter untuk berhenti menyebut jenis kontraksi ini sebagai “hiperstimulasi” dan “hiperkontraktilitas,” tetapi mendesak mereka untuk mengadopsi istilah “tachysystole” (TS).(1)

Menurut ACOG, takisistol uterus didefinisikan sebagai lima kontraksi dalam periode waktu 10 menit. Meskipun takisistol uterus dapat terjadi selama semua jenis persalinan, kondisi ini lebih sering dikaitkan dengan kelahiran di mana obat perangsang persalinan diberikan atau obat induksi diberikan. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap, tetapi beberapa penelitian telah mengaitkan takisistol uterus dengan masalah detak jantung janin, solusio plasenta, peningkatan kemungkinan tinggal di unit perawatan intensif neonatal (NICU), dan penurunan oksigenasi janin.

 

Takisistol Uterus vs. Kontraksi Normal

Dalam beberapa minggu menjelang persalinan dan persalinan, Anda akan mengalami beberapa jenis kontraksi. Sebelum persalinan dimulai, Anda akan mengalami “latihan” kontraksi yang dikenal sebagai kontraksi palsu atau kontraksi Braxton Hicks. Jenis kontraksi ini bisa menjadi tidak nyaman tetapi tidak menyebabkan serviks Anda membuka atau bayi Anda bergerak ke jalan lahir seperti yang terjadi pada kontraksi persalinan yang asli.