Siapa yang suka di banding bandingkan dengan orang lain?

Kalau saya, saya TIDAK SUKA! Bagaimana dengan Anda?

empat minggu pasca persalinan, menatap tumpukan pakaian kotor yang terus bertambah, dan merasa bersalah karena tidak punya waktu, tenaga, atau keinginan untuk mengurus cucian. Hhhh…..jangankan ngurus cucian, dan bersih bersih rumah, ngurus diri sendiri saja seringkali ketheteran, apalagi jika Anda belum punya asisten rumah tangga. Apakah itu artinya Anda malas? Apa ada yang salah denganmu? Tidak! Anda baru saja punya bayi. Jadi WAJAR! Kadang Anda merasa bersalah karena Anda melihat artis artis atau influencer di Instagram yang sering Anda lihat yang posting betapa rapih dan bersih rumah mereka padahal baru saja melahirkan. Lalu seringkali Anda merasa INSECURE.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Hayo…siapa yang merasa demikian?

Hai ibu ibu hebat! Masa nifas memang masa yang lumayan menantang: tidak hanya lelah secara fisik namun juga lelah secara emosional, menyesuaikan diri dengan cara hidup baru, terus-menerus dipenuhi kegiatan menyusui hingga seringkali tidak bisa lepas dari mulut bayi yang maunya bentar bentar terus “nenen” di dada Anda, dan — tentu saja — belum lagi Anda harus segera pulih secara fisik setelah melahirkan, entah itu pulih dari luka jahitan bekas operasi sesar maupun luka cajitan di perineum akibat robekan jalan lahir.

Pengalaman nifas selalu berbeda untuk setiap orang, yang berarti periode nifas Anda bisa saja tidak sama atau memakan waktu yang lama seperti orang lain.

Mungkin saat masa nifas, Anda merasa kreatif secara mental, hingga sempet mengambil foto bayi Anda, posting dan berbagi di sosial media, tetapi Anda tidak memiliki energi fisik untuk membersihkan rumah. Atau mungkin sebaliknya. Anda mampu membereskan tugas sehari-hari dengan baik, tetapi ternyata Anda tidak dapat posting dan merangkai kata kata yang indah kepada teman-teman Anda.

 

Proses Pemulihan Pasca Persalinan

Apa pun jenis persalinan yang Anda miliki, Anda adalah IBU yang SEMPURNA. Setelah melahirkan, Anda akan mengalami pendarahan selama beberapa minggu pasca bersalin dan mungkin mengalami kram rahim untuk beberapa waktu juga. Mungkin sangat tidak nyaman untuk berjalan apalagi jika terpaksa Anda harus naik turun tangga.