Optimalkan Posisi Janin

Sering saya mendengar dan membaca pertanyaan pertanyaan dari teman teman bidan dan juga beberapa klien seperti ini:

  • “ Teman saya kemarin crita bahwa persalinanya sangat lama dan sulit karena posisi janinnya mlumah (terlentang _red) aliyas Occiput Posterior (OP). Bagaimana cara mencegahnya dan memastikan saya tidak mengalaminya?”
  • “klien saya pembukaan 3 ke 4 cm membutuhkan waktu berhari hari, lalu pas sudah fase aktif si ibu merasa kesakitan tiap kali kontraksi hingga akhirnya ibunya sudah kecapekan dan endingnya menyerah di pembukaan 6, dan minta di SC. Ternyata posisi janinnya TERLENTANG. Bagaimana caranya supaya posisi janin lebih optimal saat persalinan?”

Jawaban Singkat:

Ketika sudah dalam proses persalinan, dan ternyata posisi janinmu terlentang atau Occiput Posterior (OP), tentu kita tidak bisa berbuat banyak.

Karena seharusnya posisi ini sudah bisa terkoreksi sejak masa kehamilan, jauh sebelum proses persalinan dimulai. Namun sebagai provider yang UPDATE dan sebagai ibu yang CERDAS, otomatis Anda harus mampu dan terampil dalam mengatasinya ketika masalah ini muncul.

Jawaban Panjang:

Saat ini lebih dari 20 penelitian ilmiah yang diterbitkan di berbagai jurnal penelitian tentang bayi OP dan pengaruhnya terhadap persalinan dan kelahiran. Beberapa hasil penelitian yang saya baca, menyatakan bahwa:

  • Bayi OP dapat menyebabkan kontraksi lebih namun tidak menyebabkan pembukaan juga dikenal sebagai persalinan prodromal, dan dengan mengupayakan bayi pada posisi optimal akan membantu memperlancar proses persalinan. Anda dapat mencegah bayi OP dengan mempertahankan postur tertentu dan menghindari pose “leyeh leyeh” selama kehamilan.
  • Nyeri punggung dan tulang ekor yang sangat kuat pada saat persalinan disebabkan oleh bayi OP.
  • Bayi yang OP adalah malposisi dan posisi Occiput Anterior (OA), atau menghadap ke punggung ibu hamil, adalah posisi ideal untuk persalinan dan kelahiran.
  • merangkak (Hands & Knees) adalah posisi terbaik untuk merotasi bayi OP dalam persalinan.
  • Operasi caesar untuk bayi OP seringkali tidak diperlukan.

Pendapat Para Peneliti

Memang menurut hasil penelitian dan berdasarkan pengalaman selama ini, Ketika posisi janinmu tidak optimal apalagi OP, maka proses persalinan biasanya lebih lama dan lebih menyakitkan, bahkan seringkali terjadi persalinan macet.Namun disini bukan berarti posisi janin posterior saja yang bisa menyebabkan komplikasi atau penyulit dalam persalinan.

Dan Ketika kita fokus pada posisi bayi sebagai penyebab ketidak lancaran persalinan artinya kita percaya pada pemikiran bahwa ada sesuatu yang salah dan perlu diperbaiki. Bantu ibu untuk tetap relaks dan bisa istirahat, tetapi semakin kita memberitahunya bahwa ada sesuatu yang salah, maka justru hal ini bisa membuat sang ibu semakin banyak stres.