Saat Anda hamil, tubuh Anda akan mengalami perubahan yang luar biasa. Perubahan-perubahan tersebut tentunya akan memiliki beberapa efek samping. Hal-hal seperti mudah merasa lelah, sering buang air kecil, sering merasa lapar, dan menjadi lebih emosional merupakan hal-hal yang sudah dianggap umum dan sudah diketahui banyak orang, tetapi adapula beberapa hal lain yang dapat terjadi pada Anda yang jarang dibicarakan orang-orang sehingga membuat Anda terkejut atau bahkan khawatir. Nah, berikut ini adalah beberapa efek kehamilan yang mungkin tidak Anda tahu.

  • Sakit di payudara

Salah satu gejala kehamilan yang seringkali dialami ibu-ibu adalah rasa sakit di area payudara, atau payudara Anda terasa mentheng-mentheng. Hal ini terjadi karena payudara Anda mulai bersiap-siap untuk memproduksi ASI si kecil. Aliran darah, hormon, dan produksi lemak yang meningkat di payudara Anda akan membuat payudara Anda terasa mentheng-mentheng, terutama di minggu-minggu pertama kehamilan Anda.

  • Puting menonjol dan areola menjadi gelap

Selain payudara yang mentheng-mentheng, puting Anda juga akan terlihat lebih menonjol dan areola (area di sekitar puting) akan menjadi lebih gelap, lebih besar, dan lebih sering berkeringat. Sama seperti sebelumnya, semua hal ini bertujuan untuk mulai mempersiapkan payudara Anda agar Anda dapat menyusui ketika si kecil lahir. Walaupun puting Anda pada biasanya akan menjadi lebih menonjol, namun adapula ibu-ibu yang masih memiliki puting yang datar atau mendelep. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai puting mendelep, klik disini.

panduan-audio-hypnofertility-ads
  • Air liur yang berlebih

Saat Anda hamil, Anda mungkin akan memproduksi saliva atau air liur yang berlebih. Kondisi ini disebut juga dengan hypersaliva dan merupakan kondisi yang normal terjadi saat Anda hamil. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hypersaliva, klik disini ….

  • Sembelit

Saat Anda hamil, tubuh Anda akan memproduksi hormon progresteron lebih banyak dari sebelmnya. Hormon ini akan membuat otot rahim Anda menjadi rileks sehingga Anda tidak mengalami kontraksi dini, tapi masalahnya yang rileks tidak hanya otot rahim Anda, tapi semua otot-otot di tubuh Anda juga, termasuk otot usus Anda. Hal ini membuat sistem pencernaan Anda menjadi lebih lambat dan membuat Anda menjadi sembelit. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sembelit, klik disini.

  • Hidung tersumbat

Meningkatnya produksi hormon estrogen saat Anda hamil dapat menyebabkan pembengkaan pada membran di hidung Anda sehingga membuat hidung Anda tersumbat atau bahkan mimisan. Selain itu, pembengkaan membran ini juga dapat membuat Anda mendengkur atau ngorok saat Anda tidur. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mimisan saat hamil, klik disini.

  • Heartburn

Ingat dengan peningkatan hormon progesteron yang membuat Anda sembelit? peningkatan progesteron yang terjadi di tubuh Anda juga merilekskan katup diantara lambung dan esofagus Anda sehingga asam lambung Anda dapat naik ke esofagus, menyebabkan heartburn. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai heartburn saat kehamilan dan cara mengatasinya, klik disini.

  • Kram kaki

Saat Anda hamil, terkadang Anda juga dapat mengalami kram kaki. Hal yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah pembuluh darah Anda yang tidak lancar. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengangkat atau menaikkan kaki Anda keatas ketika Anda berbaring. Anda dapat mengganjal kaki Anda dengan bantal atau guling atau menyenderkan kaki Anda di tembok.

  • Lebih banyak berkeringat

Saat Anda hamil, produksi hormon dan metabolisme Anda yang meningkat akan meningkatkan aliran darah Anda, membuat Anda lebih banyak berkeringat.

  • Jerawat

Peningkatan produksi hormon saat kehamilan dapat menstimulasi kelenjar seabsea Anda yang berfungsi untuk menghasilkan sebum atau minyak di kulit. Hal ini dapat menyebabkan Anda menjadi berjerawat.

  • Gusi berdarah

Untuk masalah yang satu ini lagi lagi disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron di tubuh Anda. Gusi berdarah merupakan hal yang umum terjadi saat kehamilan.

  • Gatal-gatal

Peningkatan produksi hormon esterogen dan kulit And ayang meregang dapat menyebabkan kulit Anda terasa gatal. Di masa-masa ini, ingatlah untuk menjaga kulit Anda agat tetap lembab dengan menggunakan produk pelembab, menghindari mandi menggunakan air panas, dan gunakan sabun yang lembut untuk kulit.

  • Indra penciuman yang menajam

Selain menyebabkan gatal-gatal, hormon estrogan juga membuat indra penciuman Anda menjadi lebih tajam. Hal ini terkadang dapat membuat Anda mual ketika mencium sesuatu. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menghindari bau-bau yang tajam dan kunyahlah permen karet.

  • Perubahan pada cairan vagina

Peningkatan hormon estrogen di tubuh Anda saat Anda hamil dapat menstimulasi keluarnya cairan vagina. Hal ini cukup normal dan Anda tidak perlu khawatir selama cairan vagina Anda tidak berbau. Hindari douching dan memakai produk-produk untuk vagina Anda yang dapat mengacaukan pH di vagina Anda dan justru membuat Anda lebih rentan terkena infeksi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keputihan saat kehamilan, klik disini.

  • Perubahan warna kulit

Perubahan hormon di tubuh Anda dapat membuat meanin Anda untuk memproduksi lebih banyak pigmen dan membuat beberapa area di kulit Anda menjadi lebih gelap, seperti garis di perut dan areola Anda. Selain itu, vagina Anda juga akan tampak lebih gelap karena peningkatan aliran darah yang terjadi saat kehamilan.

  • Libido yang meningkat

Peningkatan hormon esterogen saat kehamilan dapat meningkatkan libido Anda, membuat Anda ingin terus menerus bersama pasangan Anda dan berhubungan seksual dengan pasangan Anda.

  • Lebih mudah lupa

Anda mungkin menyadari bahwa Anda menjadi lebih pelupa ketika Anda hamil dan lebih susah untuk berkonsentrasi. Salah satu hal yang menyebabkan fenomena ini adalah perubahan hormon yang ada di tubuh Anda dan perubahan struktur otak Anda ketika Anda hamil. Hal lain yang dapat menyebabkan fenomena ini adalah kurang tidur, stress, dan rasa cemas.