Faktor Resiko

Sekali lagi, memahami takisistol uterus dan efeknya pada wanita dan bayi yang melahirkan adalah hal yang relatif baru. Sejauh ini, ada beberapa alasan untuk diyakinkan bahwa mengalami takisistol uterus tidak akan berdampak signifikan pada Anda atau bayi Anda. Namun, ada juga beberapa alasan untuk mulai memperhatikan kasus takisistol uterus ini.

Perubahan Denyut Jantung Janin dan Penurunan Oksigen

panduan-audio-hypnofertility-ads

Dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, takisistol uterus sangat terkait dengan perlambatan denyut jantung janin. ACOG menyatakan, peningkatan kontraksi dan kejadian takisistol uterus dapat menyebabkan penurunan oksigen ke janin serta perubahan detak jantung janin. Dalam penelitian mereka tentang wanita bersalin di rumah sakit Intermountain Healthcare, seperempat dari semua kasus takisistol uterus terjadi penyimpangan detak jantung janin.(4)

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Maternal-Fetal & Neonatal Medicine menemukan hubungan antara takisistol uterus dan masalah detak jantung janin. Selain itu, ibu yang mengalami takisistol uterus lebih berpotensi dilakukan operasi caesar, dan bayinya lebih cenderung membutuhkan perawatan NICU. Namun, penelitian menemukan bahwa bayi-bayi ini cenderung tidak memiliki skor Apgar yang rendah saat lahir atau menunjukkan tanda-tanda cairan ketuban mengandung mekonium. (3)

Jika Anda sedang hamil dan khawatir tentang takisistol uterus atau pernah mengalaminya selama persalinan, Anda harus membicarakan masalah Anda dengan dokter atau bidan yang merawatmu. usahakan Mengurangi penggunaan obat perangsang persalinan, alias mengurangi intervensi induksi. Bagaimanapun, ingatlah bahwa sebagai pasien dan sebagai orang tua, Anda memiliki hak untuk mendiskusikan kekhawatiran Anda dengan provider Anda, mengajukan pertanyaan apa pun yang ada di pikiran Anda, dan menganjurkan hasil terbaik untuk Anda dan bayi Anda.

Selamat memberdayakan diri dan ingat KNOWLEDGE is POWER.

 

Referensi:

Esplin M, Henry E, Heuser C, et al. Tachysystole in term labor: incidence, risk factors, outcomes, and effect on fetal heart tracings. 2013;209(1):p32.e1-32.e6. doi:https://doi.org/10.1016/j.ajog.2013.04.004.

The American College of Obstetricians and Gynecologist. How to Tell When Labor Begins. Updated May 2020.