Derajat empat: benjolan telah keluar dari anus dan tidak bisa di dorong masuk. Ini menjadi tanda bahwa ambeien internal telah berkembang menjadi ambeien jenis lainnya, yaitu ambeien prolaps.

Tidak semua pasien yang mengalami jenis ambeien internal merasakan gejala atau perdarahan yang signifikan. Namun, bila telah prolaps atau keluar ke permukaan anus, maka jaringan benjolan bisa saja menimbulkan iritasi dan gatal-gatal.

  • Wasir /ambeien prolaps

  • Ambeien internal yang semakin parah atau terjadi secara berulang bisa berkembang menjadi ambeien prolapse. Benjolan pada ambeien ini sudah keluar dari anus dan benjolannya tidak bisa dikembalikan dengan pendorongan oleh tangan.

    Gejala gatal pada anus, perih, dan sensasi panas di anus akan sering muncul. Bahkan, menyebabkan Anda susah buang air besar. Pada beberapa kasus, orang dengan kondisi ini perlu menjalani operasi untuk mengangkat ambeien supaya tidak menyebabkan komplikasi.

    3. Wasir /ambeien eksternal (luar)

    Wasir /ambeien eksternal (luar) terbentuk di bawah permukaan kulit di sekitar anus. Awalnya, jenis ambeien ini tidak terlihat. Namun, semakin lama pembengkakan akan menyebabkan benjolan berwarna keunguan.

    Gejalanya sama dengan jenis ambeien lainnya. Biasanya nyeri muncul dengan tiba-tiba dan terasa konstan atau terus-terusan. Banyak pasien dengan ambeien luar merasa tidak nyaman seperti ada yang mengganjal setiap kali duduk.