Tips untuk para ibu yang mempunyai diabetes gestasional

Apabila Anda memiliki diabetes gestasional, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dan mengendalikan diabetes Anda.

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang

Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Konsultasikanlah dengan ahli diet Anda mengenai makanan-makanan yang baik untuk Anda konsumsi apabila Anda mempunyai diabetes. Selain itu, ahli diet Anda juga dapat membantu Anda untuk mengatur gula darah Anda selama kehamilan Anda.

  • Berolahragala secara teratur

Berolahraga merupakan cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga gula darah Anda tetap terkendali. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai olahraga selama kehamilan, klik disini.

panduan-audio-hypnofertility-ads
  • Awasi gula darah Anda

Selama kehamilan, tubuh Anda akan mengalami berbagai perubahan. Perubahan-perubahan ini memerlukan banyak energi dan hal ini membuat tingkat gula darah Anda dapat berubah-rubah sangat cepat. Awasi gula darah Anda sesering mungkin sesuai dengan rekomendasi provider kesehatan Anda. Sebagai referensi, berikut ini adalah acuan yang dapat Anda gunakan ketika memeriksa gula darah Anda.

– Sebelum makan, 95 mg/dl atau kurang.

– Satu jam sesudah makan, 140 mg/dl atau kurang.

– Dua jam sesudah makan, 120 mg/dl atau kurang

  • Gunakan insulin apabila Anda memerlukannya

Apabila Anda mempunyai diabetes gestasional dan provider kesehatan Anda menyuruh Anda untuk menggunakan insulin, gunakanlah insulin seperti yang diarahkan untuk menjaga gula darah Anda tetap terkendali.

  • Periksakan diabetes Anda setelah persalinan

Periksakanlah diabetes Anda 6 sampai 12 minggu setelah bayi Anda lahir dan lakukanlah pemeriksaan setiap 1 sampai 3 tahun sekali. Pada umumnya, diabetes gestasional akan menghilang segera setelah persalinan. Namun apabila diabetes ini tidak kunjung hilang, maka tandanya Anda mungkin menderita diabetes tipe 2. Maka dari itu sangatlah penting bagi para ibu yang memiliki diabetes gestasional untuk tetap memiliki pola hidup sehat dan berolahraga bahkan setelah si kecil lahir untuk mencegah adanya diabetes tipe 2.

 

Knowledge is power~ 

Sumber:

https://www.cdc.gov/pregnancy/diabetes-gestational.html

https://www.diabetes.org/diabetes/gestational-diabetes

https://www.healthline.com/health/gestational-diabetes