Jika hasil pemeriksaan menandakan bahwa Anda menderita sindrom HELLP, mengakhiri (terminasi) kehamilan dengan konsekuensi melahirkan bayi secara prematur merupakan salah satu cara yang mungkin dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi serius yang bisa membahayakan kondisi ibu dan bayi.

Namun jika usia kehamilan masih kurang dari 34 minggu, langkah medis yang akan dilakukan dokter sebelum memutuskan terminasi kehamilan dilakukan, meliputi:

Tirah baring (bed rest) dan perawatan di rumah sakit agar kesehatan ibu dan janin dapat terpantau dengan baik.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Transfusi darah, dalam hal ini transfusi trombosit, untuk pasien sindrom HELLP dengan jumlah trombosit yang terlalu rendah dan berisiko menimbulkan perdarahan.

Pemberian obat kortikosteroid untuk mempercepat pematangan paru-paru bayi sebelum lahir agar dapat berfungsi dengan baik setelah lahir.

Pemberian magnesium sulfat guna mencegah terjadinya eklampsia

Pemberian obat penurun tekanan darah.

Pemantauan dan evaluasi kemungkinan adanya kondisi gawat janin

Jika Anda pernah mengalami sindrom HELLP, risiko untuk mengalami komplikasi dalam kehamilan  di masa mendatang akan lebih tinggi. Pastikan dokter yang menangani Anda mengetahui seluruh riwayat kesehatan dan kehamilan Anda.

Sindrom HELLP tergolong kondisi yang berbahaya bagi ibu hamil dan membutuhkan penanganan yang cepat. Jangan segan untuk segera konsultasi dokter mengenai keluhan apapun yang dirasakan saat hamil.