Infertil atau Mandul!

Tentu Anda sangat tidak nyaman jika di beri label seperti itu. Stress itu pasti.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Namun apakah Anda hanya akan berdiam diri? Melihat teman seangkatan sudah mempunyai anak, melihat istri yang tiap malam menangis ingin hamil?

 

Tentunya langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencoba mencari tahu apa itu infertilitas dan hal-hala yang harus dan tidak boleh Anda lakukan, ketika anda mencurigai bahwa anda atau pasangan anda mengalami infertil.

 

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengunjungi klinik infertilitas untuk melakukan analisis sperma yang bertujuan untuk mengetahui kualitas sperma anda. Apakah klinik infertilitas dapat menjamin keberhasilan analisis sperma? Tentu tidak! Klinik infertilitas merupakan faktor penting keberhasilan analisis, tetapi bukan merupakan satu-satunya faktor penentu.

Kepercayaan dan kerjasama seorang pria dengan dokter dalam memeriksakan kesuburannya merupakan kunci awal keberhasilan analisis dan pengobatan infertilitas. Pengambilan sperma  untuk dianalisis dalam uji kesuburan pria tidaklah semudah pengambilan cairan tubuh lainnya dalam prosedur pemeriksaan medis. Hal tersebut terjadi karena sperma dikeluarkan melalui aktivitas seksual seperti hubungan suami-istri atau masturbasi. Aktivitas-aktivitas tersebut memiliki tingkat privasi yang sangat tinggi. Oleh karena ltu, pria sering mengalami kesulitan ketika hendak mengeluarkan spermanya untuk diperiksakan ke dokter.

Cara Melakukan Analisis Sperma

Analisis sperma di perlukan untuk mengetahui subur atau tidaknya seorang pria. Hasil pemeriksaan akan mentukan jenis terapi yang di butuhkan. Untuk kemudahan dan kenyamanan pria yang hendak diperiksa, banyak klinik fertilitas telah memiliki tempat yang mampu memberikan privasi bagi seorang pria untuk mengeluarkan sperma yang hendak diperiksa melalui masturbasi.

Tempat tersebut disebut Spermatorium dan biasanya terletak bersebelahan dengan ruang pemeriksaan pada klinik fertilitas. Tujuan dari letak spermatorium yang dekat dengan ruang pemeriksaan adalah agar tersedianya sperma sebagai sampel yang memenuhi kriteria kualitas dan waktu sehingga dapat diperiksa secara optimal.

Berikut ini beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam analisis sperma untuk mendapatkan sperma yang layak uji: