19. Akupunktur dapat membantu, tapi pastikan dokter terlatih dan berpengalaman dalam meng-akupunktur wanita hamil.

20. Osteopati dan chiropractic dapat membantu, tapi sekali lagi, pastikan Anda melihat praktisi yang bersertifikat yang berpengalaman dalam merawat ibu hamil.

Apakah sciatica ini dapat berpengaruh ketika saya persalinan nanti?

Jawabannya adalah IYA!

panduan-audio-hypnofertility-ads

Jika Anda menderita sciatica, maka Posisi yang dapat Anda gunakan selama persalinan mungkin dibatasi oleh linu panggul yang Anda alami atau rasakan. Nah solusi yang bisa Anda gunakan adalah cobalah untuk Menggunakan kolam untuk melahirkan karena ini dapat sangat membantu, karena akan membuat lebih mudah bergerak dan rasa hangat dari air hangat yang ada membantu meredakan keluhan yang anda rasakan serta melancarkan peredaran darah terutama di sekitar panggul dan punggung.

Anda bisa menggunakan kolam persalinan hanya untuk kala I saja (jika Anda tidak menginginkan waterbirth) jadi fungsi kolam disini hanya tuk kurangi rasa nyeri dan sakit yang Anda derita akibat sciatica atau kontraksi dan memudahkan Anda untuk tetap mobile/bergerak karena saat persalinan Anda justru harus banyak bergerak tuk bantu posisi kepala semakin turun melewati panggul dan jalan lahir. Lalu ketika kepala sudah mulai crowning atau membuka pintu vagina, anda bisa beranjak tuk beralih ke tempat tidur dan melahirkan bayi Anda di darat (di atas tempat tidur).

Lalu apakah ini juga mempengaruhi saya saat proses nifas dan menyusui?

lagi-lagi jawabannya adalah IYA!

menjaga postur tubuh Anda Ketika menyusui, sangatlah penting tuk ringankan keluhan. duduk di kursi bersandaran tegak. Angkat bayi ke payudara Anda dengan bantal dan menjaga kaki Anda rata di lantai.

Ketika Anda mengangkat bayi Anda, jagalah agar punggung tetap lurus, tekuk lutut Anda dan menghindari gerakan memutar.

Tanyakan kepada bidan atau fisioterapis tentang kelas-kelas olahraga yang Anda dapat bergabung untuk meningkatkan kebugaran, kekuatan dan fleksibilitas Anda. Ini akan membantu untuk mencegah masalah Anda menjadi berkelamaan.

Nah semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda ya 😉