Setelah si kecil lahir, Anda akan dihadapkan dengan tantangan baru, yaitu menyusui. Menyusui merupakan cara yang sehat, murah, dan mudah untuk memberi makan si kecil. Selain itu, menyusui mempunyai banyak manfaat. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat ASI, klik disini. Terlepas dari manfaatnya, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa ibu mempunyai kesulitan dalam memproduksi ASI. Selain itu, terkadang ada juga kekhawatiran bahwa Anda tidak memproduksi cukup ASI untuk si kecil.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produksi ASI. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara meningkatkan produksi ASI, klik disini. Di masa menyusui ini, Anda perlu memperhatikan banyak hal, dari mulai kondisi emosional hingga kondisi fisik Anda. Anda benar benar harus memperhatikan nutrisi dan asupan makanan Anda. Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi pada saat menyusui dan dapat membantu untuk meningkatkan produksi ASI:

  1. Oats

Jika Anda pernah mengkonsumsi kue untuk ibu menyusui, besar kemungkinannya bahwa kue tersebut mengandung oats. Selama ini, oats telah dikenal sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Walaupun baru ada sedikit penelitian yang membuktikan hal ini, namun teori ini datang dari tingginya tingkat zat besi pada oats (sekitar 43 gram oat kering mengandung 2 mg zat besi, atau sekitar 20% dari kebutuhan zat besi ibu menyusui setiap hari). Selain oatmeal, Anda juga dapat menggunakan beras merah, beras cokelat, beras hitam, barley, atau quinoa. 

panduan-audio-hypnofertility-ads
  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan makanan yang bergizi dan mempunyai banyak manfaat. Bawang putih juga diyakini sebagai bahan makanan yang dapat membantu dalam produksi ASI. Walaupun bawang putih mempunyai bau yang kuat dan dapat membuat ASI Anda berbau dan berasa seperti bawang putih, namun beberapa anak yang ternyata menyukai rasa bawang putih ini. Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa ASI rasa bawang putih dapat membuat si kecil menyusu lebih lama. Namun di sisi lain, ada pula beberapa anak yang menunjukkan sesitivitas terhadap bawang putih. Apabila hal ini terjadi, hindarilah bawang putih untuk sementara waktu. Ikutilah petunjuk si kecil. Anda dapat menambahkan bawang putih sebagai bumbu di berbagai makanan Anda termasuk daging, sayuran, pasta, dan lainnya.

  1. Sayuran

Sayur sayuran seperti wortel dan sayur berdaun hijau gelap seperti kale, daun katuk, selada, bayam, dan brokoli mengandung banyak nutrisi, terutama kalsium dan zat besi. Selain itu, mereka juga mangendung phytoestrogen yang mempunyai pengaruh baik dalam produksi ASI.

  1. Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga merupakan sumber nutrisi. Selain itu, buah buahan juga dapat membantu mengurangi sembelit yang sering kali dialami para ibu setelah persalinan. Beberapa rekomendasi buah yang kaya akan vitamin A dan potassium adalah pisang, mangga, dan aprikot. 

  1. Biji Wijen

Siapa yang mengira bahwa biji wijen yang sering kali kita jumpai ternyata bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Biji wijen tinggi akan kalsium dan mengandung zat tumbuhan yang mirip seperti esterogen. Seringkali, para ibu menggunakan biji wijen untuk meningkatkan produksi ASI. Anda dapat mengkonsumsi biji wijen dengan mencampurkannya di makanan yang Anda konsumsi, contohnya sebagai topping salad, atau mencampurkannya di campuran biji-bijian yang lain, kacang, dan buah-buahan kering. 

  1. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu makanan wajib untuk ibu menyusui. Makanan ini tinggi akan serat, Vitamin A, Vitamin K, dan dapat membantu menstimulasi produksi hormon-hormon pada ibu menyusui yang penting untuk produksi ASI. Selain memasakknya, Anda juga dapat mengkonsumsinya dengan memotong dan mencuci asparagus, merebusnya dengan susu, lalu menyaring dan meminumnya. 

  1. Salmon

Salmon merupakan makanan yang tinggi akan EFA (Essental Fatty acids) dan Omega-3. Kedua kandungan ini sangatlah bernutrisi dan penting untuk ibu menyusui. Masukkanlah salmon dalam menu Anda untuk membantu meningkatkan hormon menyusui dan membuat ASI Anda lebih bernutrisi. 

  1. Daun Basil

Daun basil merupakan sumber anti-oksidan. Daun ini juga mempunyai efek menenangkan yang penting ketika Anda sedang dalam masa menyusui mengingat bahwa stress dapat mempengaruhi produksi ASI Anda. Selain itu, daun ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat mencampurkan daun ini ke dalam masakan Anda atau membuatnya menjadi teh dengan mencelupkan beberapa daun basil di air panas dan mendiamkannya untuk beberapa waktu. 

  1. Almond

Kacang-kacangan, terutama almond merupakan snack yang bermanfaat bagi ibu menyusui. Kacang ini tinggi akan protein, kalsium, Omega-3, dan Vitamin E. Omega-3 yang terkandung dalam almond dapat membantu untuk meningkatkan hormon yang berfungsi untuk memroduksi ASI. Selain itu, Vitamin E yang terkandung dalam almond dapat membantu menyembuhkan gatal-gatal yang disebabkan dari stretch mark pasca kehamilan. Anda dapat mengkonsumsi almond secara langsung atau meminum susu almond untuk menaikkan produksi dan kemanisan ASI Anda.

  1. Susu Sapi

Susu sapi tinggi akan kalsium dan EFA (Essental Fatty acids). Selain bernutrisi, susu sapi dapat membantu dalam produksi ASI. Bahkan dengan mengkonsumsi susu sapi selama masa menyusui, Anda dapat membantu menghindarkan si kecil dari alergi susu sapi. Namun, apabila Anda melihat adanya tanda-tanda alergi pada si kecil setelah Anda mengkonsumsi susu, hindarilah konsumsi susu untuk sementara waktu, termasuk susu kedelai. 

  1. Teh Menyusui

Sebenarnya, ada banyak sekali rempah-rempah yang dapat membantu Anda dalam produksi ASI, namun terkadang rempah rempah tersebut terdengar asing, susah didapat, atau tidak tau cara mengolahnya. Nah, cara termudah untuk mengkonsumsi rempa- rempah ini adalah dengan menggunakan teh. Anda dapat dengan mudah membeli teh yang berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI yang sudah mengandung berbagai rempah-rempah yang bermanfaat seperti fennel, fenugreek, milk thistle, dan lainnya. Selain dapat meningkatkan produksi ASI, teh juga bersifat menenangkan dan mudah untuk dibuat. 

  1. Minyak dan Lemak

Walaupun konsumsi lemak dan minyak secara berlebihan sangat tidak dianjurkan, namun Anda juga tidak disarankan untuk benar-benar menghindarinya. Minyak dan lemak merupakan bahan yang penting dalam masa menyusui karena mereka membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, mereka juga dapat membantu Anda dalam buang air besar. Jika Anda merasa khawatir, Anda dapat menggunakan alternatif minyak sehat seperti olive oil, atau vegetable oil. Anda juga dapat mendapatkan asupan lemat dari makanan yang bergizi seperti salmon, alpokat, chia seeds, kelapa, yogurt, dan lainnya.