Apa Saja Perubahan Yang Terjadi Saat Hamil?

Pasti rasanya campur aduk ketika pertama kali mendapati diri Anda hamil.

Entah apakah ini adalah kehamilan yang diinginkan dan direncanakan maupun kehamilan yang tidak direncanakan, bahkan tidak diinginkan.

Pasti akan banyak perubahan yang Anda alami dalam tubuh dan diri Anda.

Dan ketika semua saudara dan teman Anda mengetahui bahwa Anda hamil, maka pertanyaan dan pernyataan mulai terlontar mulai dari “bagaimana rasanya?”, “kamu capek gak?”, “kamu mual muntah apa tidak?”, “kamu lapar?”, dll.

Memang sih, keluhan keluhan seperti mudah Lelah, mudah pusing, sering nyeri punggung dan persendian, kencing yang terus-menerus, rasa lapar yang terus-menerus, dan “lebih emosional” (baik dan buruk) semuanya dianggap sesuatu hal yang lazim terjadi dalam masa kehamilan, jadi ketika Anda menceritakan kepada orang lain  bahwa keluhan keluhan itu Anda rasakan maka tidak ada yang terlalu terkejut olehnya. Namun, sebenarnya di balik rupa rupa keluhan tersebut, ada banyak kesenangan yang bisa Anda rasakan dengan ketika Anda hamil

Ini Yang Akan Kita Rasakan

Nah saya akan tuliskan disini beberapa perubahan (bisa menyenangkan dan bisa kurang menyenangkan) yang seringkali belum di ketahui para ibu hamil

Silahkan simak ya:

  1. Payudara terasa lebih Kencang

Rasa kencang di payudara (bisa dianggap nyeri, atau hanya terasa kencang saja) sebenarnya adalah cara tubuh Anda memberi sinyal kepada otak supaya si otak mulai memproduksi hormone hormone , mempersiapkan kelenjar, meningkatkan jumlah dan volume pembuluh darah juga meningkatkan lemak di area payudara agar “bersiap diri” karena sebentar lagi “pertunjukan” di mulai. Aliyas sebentar lagi si payudara ini akan “bekerja” untuk memproduksi Air Susu Ibu yang akan menjadi makanan utama bayi. Rasa kencang ini biasanya dialami dan dirasakan di minggu minggu awal kehamilan di trimester pertama.

  1. Payudara menjadi lebih membesar

Kalau bagi saya pribadi, membesarnya payudara secara alami ini adalah satu anugerah. Mengingat ukuran payudara saya kecil. Namun bagi beberapa wanita yang ukuran payudaranya sudah besar sebelum hamil, ini menjadi terasa kurang menyenangkan. Karena pastinya akan terasa lebih “berat” bahkan terkadang terasa sesak dan ampeg apalagi saat mereka rebahan. Kadang juga membuat mereka kepikiran kalua kalau payudara mereka jadi “melorot” setelah hamil dan menyusui nanti.

Beberapa masukan yang bisa saya berikan tanpa melihat besar atau kecilnya ukuran payudara Anda sebelumnya :

  • Jaga postur Anda sehari-hari. Saat duduk maupun berdiri, usahakan tulang belakang terus tegak dan dada membuka
  • Latih dan stretching pada tulang belakang, otot bahu dan otot dada akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan melatih tonus otot dada Anda. Sehingga otot dada tetap kencang
  • Latih nafas dan lakukan gerakan yoga sederhana untuk menjaga area dada tetap sehat dan nyaman.

 

  1. Puting Anda Mungkin lebih membesar. menonjol dan areola menjadi lebih gelap warnanya

Pada dasarnya tubuhmu punya kecerdasan yang luar biasa. Dimana dia mampu meng-adjust dirinya untuk mempersiapkan diri menjalani fase berikutnya yaitu fase menyusui. Putting payudara yang membesar dan menonjol adalah salah satu wujud kecerdasan tubuhmu. Lagi lagi ini dilakukan supaya disaat bayimu sudah lahir, putting payudaramu sudah siap untuk di hisap bayimu saat menyusu.

Beberapa ibu ada yang putting susunya membesar namun tidak menonjol, ada yang datar saja atau bahkan mendelep. Nah untuk kasus seperti ini, seharusnya seorang ibu hamil harus sudah “aware” dari awal karena ini pasti akan butuh perlakuan khusus atau treatment tersendiri, karena jika tidak maka Anda akan mengalami kesulitan pada masa menyusui.

Beberapa ibu juga mengeluh gatal, perih atau meletek di putting nya sehingga terasa perih. Nah ini akan jadi ketidaknyamanan ketika tidak di rawat dengan baik.