Masih berkutat masalah pijat memijat karena kebetulan saya sangat suka sekali dengan pijat, pernah tidak Anda bertanya-tanya bagaimana pijatan mengurangi rasa sakit, stres, dan kecemasan? Tidak hanya banyak budaya tradisional yang melakukan pijatan sebagai obat, tetapi ada juga banyak ilmu di balik efek pijatan. Baca posting ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang  pijat dan manfaatnya bagi kesehatan.

Apa itu Terapi Pijat?

Terapi pijat adalah cara sederhana dan efektif untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Sesi biasanya berlangsung dari 15 hingga 90 menit. Ada banyak jenis pijat terapi, beberapa di antaranya termasuk [1, 2]:

panduan-audio-hypnofertility-ads
  1. Pijat Swedia/ Swedish massage – suatu bentuk pijat klasik yang mengendurkan otot yang tegang dan meningkatkan sirkulasi darah. Kulit dan otot di daerah yang terkena dibelai, diuleni, digosok, disadap, dan digetar dengan lembut.
  2. Manipulasi – ligamen, tendon, dan otot dipijat, diregangkan, dan digerakkan untuk meningkatkan mobilitas dan mengurangi rasa sakit. Ini sering dilakukan dalam kombinasi dengan teknik terapi fisik.
  3. Mobilisasi – berfokus pada menggerakkan tulang belakang, sendi, dan otot dalam tubuh untuk meningkatkan mobilitas, mengendurkan otot, dan memperbaiki postur tubuh. Seperti manipulasi, itu dilakukan dengan teknik terapi fisik.
  4. Pijat jaringan ikat/ Connective tissue massage  – mengobati penyakit dengan menghilangkan ketegangan pada jaringan ikat, yang menghubungkan organ, otot, dan saraf bersamaan.
  5. Pijat jaringan dalam/ Deep tissue massage – merawat lapisan otot yang lebih dalam dengan memberikan tekanan kuat pada otot dan tendon.
  6. Pijat myofascial (trigger point) – tekanan secara khusus diterapkan pada titik-titik pemicu rasa sakit yang terlalu sensitif, jaringan otot tegang dan adhesi jaringan ikat. Gagasan titik pemicu kontroversial dan pijatan myofascial mungkin tidak efektif secara konsisten [3].
  7. Pijat tradisional Cina – tekanan sedang diberikan pada titik-titik acupoint tubuh tertentu menggunakan gerakan memutar dengan ujung jari; sering dilakukan dalam kombinasi dengan akupunktur.
  8. Pijat Shiatsu – bentuk terapi pemicu titik pemicu dari Jepang yang menggunakan ibu jari untuk memijat titik-titik akupuntur.
  9. Drainase limfatik manual – mendorong drainase alami produk limbah dari kelenjar getah bening.
  10. Pijat ala Thailand – melibatkan peregangan dan menarik anggota tubuh dan memberikan tekanan yang kuat dan berirama ke tubuh dengan tangan, siku, lutut, atau kaki. Berfokus pada memanipulasi “garis energi” (mirip dengan meridian akupunktur) yang berjalan di seluruh tubuh untuk mengobati penyakit.
  11. Pijat Ayurvedic – suatu bentuk pengobatan tradisional India yang melibatkan memijat tubuh dengan lembut menggunakan gerakan membelai berirama dan minyak herbal.
  12. Pijat Tantra – jenis pijatan yang menggunakan energi seksual untuk mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi dengan menggunakan sentuhan sensual tertentu. Menghasilkan perasaan sejahtera dan relaksasi yang mendalam.

Mengapa tiap di Pijat kita menjadi  merasa lebih baik?