Ketika Anda hamil, seringkali orang orang akan menanyakan Anda pertanyaan seputar jenis kelamin, seperti “pingin anak laki-laki atau perempuan?”, walaupun memang ada orang tua yang tidak begitu peduli dengan jenis kelamin anaknya, tapi ada banyak orang tua yang memiliki harapan bahwa anaknya memiliki jenis kelamin tertentu, dan bahkan ada banyak orang yang sengaja program untuk hamil anak laki-laki atau perempuan karena alasan tertentu. Ketika saya live IG, saya seringkali mendapat pertanyaan mengenai tips-tips untuk memiliki anak laki-laki atau perempuan. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai tips-tips untuk memiliki anak laki-laki, dari mulai cara yang paling mahal hingga cara yang paling sederhana.

Apa yang menentukan jenis kelamin si kecil?

Jenis kelamin si kecil ditentukan oleh kromosom X dan Y. Sel telur Anda selalu membawa kromosom X, sedangkan sperma dapat memberikan baik kromosom X maupun Y kepada embrio. Ketika sperma dengan kromosom Y membuahi sel telur, Anda akan mendapat anak laki-laki (XY), sedangkan apabila yang membuahi sel telur adalah sperma dengan kromosom X, maka Anda akan mendapat anak perempuan (XX).

panduan-audio-hypnofertility-ads

Karakter Sperma

Memahami karakter sperma dapat membantu untuk menentukan waktu yang tepat untuk berhubungan seksual apabila Anda sedang program hamil anak laki-laki.

  • Sperma laki-laki

Sperma laki-laki mengandung kromosom Y, sperma ini tidak sekuat sperma perempuan. Biasanya sperma ini dapat bergerak dengan cepat, namun hal ini tidak bertahan lama. Selain itu sperma ini juga tidak dapat membuahi sel telur diatas 24 jam setelah mereka dikeluarkan.

  • Sperma perempuan

Sperma perempuan mengandung kromosom X. Sperma ini dapat hidup lebih lama dari sperma laki laki dan masih dapat membuahi sel telur 4-5 hari setelah sperma ini dikeluarkan. Selain itu sperma ini lebih lambat daripada sperma laki-laki namun dapat bertahan lebih lama

Berdasarkan hal ini, apabila Anda sedang program anak laki-laki, cobalah untuk berhubungan sosial sedekat mungkin dengan waktu subur Anda. Untuk megetahui lebih lanjut mengenai cara menentukan masa subur, klik disini.