Bulan Juli lalu saya berada di Singapore untuk beberapa waktu, mengikuti sebuah pelatihan yang sangat menarik disana. Tentu saja berkaitan dengan ilmu kebidanan dan kandungan.

Nah ketika saya bertanya dengan salah satu perserta pelatihan yang kebetulan beliau berprofesi sebagai Doula di sana, tentang Angka persalinan dengan operasi SC disana, beliau mengatakan bahwa angkanya cukup tinggi, mungkin sekitar 35%. (bagi saya itu sudah cukup rendah, mengingat di Indonesia apalagi di kota besar angka operasi SC lebih tinggi dari itu). Nah ketika saya bertanya dengannya apakah di Singapore ada Home Birth, beliau bilang ADA. Dan di Singapore Homebirth harus di damping oleh bidan dan Obsgyn. Wow. Hebat sekali.

Itulah kenapa di Singapore Angka kematian ibu sangat sangat rendah.

panduan-audio-hypnofertility-ads

 

Dan Malam ini saya membaca sebuah artikel menarik dari http://vbacfacts.com yang bertajuk tentang penelitian terbaru pada ibu yang melahirkan di rumah dengan di damping seorang dokter Ahli kandungan.

 

Seorang dokter ahli kandungan laki laki di Southern California bernama Dr. Stuart FISCHBEIN, telah menghadiri 135 kelahiran di rumah. Proses kelahiran ini termasuk VBACs, persainan normal dengan posisi sungsang dan dan persalinan normal dengan bayi kembar.

 

Anda bisa mengakses hasil penelitiannya di sini : http://medcraveonline.com/OGIJ/OGIJ-02-00046.pdf

 

Ah…andai ini terjadi di Indonesia ya….

 

Tapi tidak perlu khawatir karena suatu saat (entah kapan) pasti akan terjadi. Namun langkah apa yang bisa Anda lakukan saat ini adalah paling tidak Anda bisa dan mau memberdayakan diri supaya kesempatan Anda untuk bisa melahirkan dengan normal dan minim trauma benar benar terjadi.

 

Dan semoga melalui website ini, Anda menjadi sangat terbantu.

Salam Hangat

Yesie

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here