Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perineum massage dapat dilakukan mulai dari 3 – 6 minggu sebelum HPL Anda dan dilakukan secara rutin. Lama dan tekanan pemijatan dapat dilakukan secara bertahap. Ada dua cara untuk melakukan perineum massage, yaitu secara manual menggunakan tangan dan dengan menggunakan bantuan alat epi-no. Perineum massage dapat dilakukan secara mandiri, dengan bantuan provider menggunakan epi-no, maupun dengan bantuan partner Anda di rumah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai step – step untuk melakukan perineum massage, klik disini.

panduan-audio-hypnofertility-ads

 

Dimana saya dapat mendapatkan fasilitas perineum massage untuk persiapan persalinan?

Untuk mendapatkan fasilitas perineum massage menggunakan epi-no, Anda dapat menghubungi admin Bidan Kita di 085100111884 untuk membuat janji temu atau mengunjungi Klinik Bidan Kita di Jl. Piere Tendean no.20 RT 001 RW 007, Sikenong, Klaten, Jawa Tengah, dengan membuat janji temu sebelumnya dengan admin Bidan Kita.

 

Bonus!!

 

Cara mengatasi rasa tidak nyaman pada perineum saat persalinan

Selain perineum massage, ada cara lain yang direkomendasikan oleh WHO untuk mengurangi resiko robekan dan membantu Anda untuk mengatasi sensasi terbakar pada perineum ketika kepala bayi mulai keluar (crowning). Cara tersebut adalah dengan kompres hangat.

WHO merekomendasikan penggunaan kompres hangat yang ditempelkan pada perineum selama persalinan fase keda untuk mengurangi cidera pada perineum dan mengurangi rasa sakit pada perineum. Menurut penelitian yang dilakukan oleh WHO, apabila perineum massage membantu mencegah robeknya perineum atau mencegah terjadinya robekan yang parah, kompres hangat dapat mengurangi resiko terjadinya robekan tingkat 3 dan tingkat 4.

Robekan tingkat 1 dan 2:

Robekan tingkat 3 dan 4:

Selain mengurangi resiko terjadinya robekan parah, kompres hangat juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit secara signifikan selama proses persalinan. Kompres hangat juga dilaporkan mengurangi nyeri pada perineum di hari-hari pertama setelah persalinan (terutama di hari pertama dan kedua), Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Intenational Journals of Births and Midwifery, sebagian besar wanita mengatakan bahwa mereka akan menggunakan kompres hangat lagi di persalinan mendatang (85,7%), dan akan merekomendasikannya pada teman mereka (86,1%).