Salah satu ketakutan terbesar yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah ketakutan akan adanya robekan selama persalinan. Saya seringkali mendengar ada banyak ibu – ibu yang mengatakan bahwa sebenarnya yang “tersakit” dari proses persalinan adalah saat adanya robekan dan harus dijahit. Selama ini, saya mengetahui ada banyak sekali orang yang menganggap bahwa robekan pada perineum selama persalinan adalah hal yang sudah pasti terjadi dan tidak dapat dihindari pada persalinan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab robekan pada saat persalinan, klik disini. Saya juga percaya bahwa sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar cerita yang menakutkan mengenai robekan saat porses persalinan. Namun, sebenarnya ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah adanya robekan dalam proses persalinan, salah satunya adalah dengan perineum massage.

Perineum merupakan jaringan otot diantara mulut vagina dan anus Anda. Pada saat proses persalinan, area ini harus teregang secara maksimal untuk memfasilitasi keluarnya si kecil, dan regangan ini seringkali menyebabkan robekan. Di beberapa kasus dimana provider Anda memutuskan untuk melakukan episiotomi, area inilah yang dipotong dan nantinya akan dijahit. Untuk mengurangi resiko terjadinya hal tersebut, Anda dapat mempersiapkan perineum Anda terlebih dahulu dengan melakukan perineum massage mulai dari umur kehamilan trimester 3. Perineum massage adalah pijatan yang dilakukan di area perineum untuk meningkatkan fleksibilitas perineum sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya robekan saat persalinan.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Penelitian yang dilakukan oleh Cochrane Review tahun 2013 merekomendasikan dilakukannya perineum massage di trimester ketiga untuk mengurangi cidera pada perineum dan otot dasar panggul. Selain itu, sebegian besar wanita mengatakan bahwa perineum massage dapat membantu mereka untuk terhubung dengan tubuhnya dengan cara yang tidak seksual dan tidak berhubungan dengan pergi ke toilet. Beberapa wanita juga mengatakan bahwa perineum massage dapat membuat mereka merasa familiar dengan sensasi teregangnya perineum dan dapat sangat membantu untuk menghadapi fase mengejan saat proses persalinan.

Manfaat Perineum Massage

  1. Mencegah adanya robekan perineum saat proses persalinan;
  2. Dapat dilakukan sebagai sarana untuk lebih terhubung dengan tubuh Anda;
  3. Teknik ini digunakan untuk mempersiapkan perineum agar dapat lebih flexibel saat proses persalinan;
  4. Teknik ini bukan hanya membantu mempersiapkan jaringan perineum anda, namun juga membantu anda untuk mempelajari sensasi saat proses persalinan, terutama saat kepala janin keluar (crowning) dan bagaimana cara anda mengontrol sensasi tersebut. Dengan demikian, Anda dapat menjadi lebih rileks dalam menghadapi proses persalinan nanti;
  5. Menstimulasi aliran darah ke perineum yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan;
  6. Membantu ibu untuk menjadi lebih santai di saat pemeriksaan vagina (Vaginal Toucher atau yang lebih dikenal dengan istilah VT);
  7. Mengurangi resiko diperlukannya episiotomi atau dirobeknya perineum dalam proses persalinan untuk meningkatkan elastisitas perineum.

Bagaimana caranya?