Tya

Banyak Hal yang saya dapatkan saat menolong persalinan dan mendampingi ibu melahirkan.

Saya dapat belajar tentang:

panduan-audio-hypnofertility-ads

– Ketakutan

– Kekuatan

– Semangat

– Tekad

– Pemberdayaan diri

– Kesabaran

– Dan juga keberserahan diri kepada Tuhan

Saya merasa sangat beruntung menjadi bidan yang selalu Tuhan ijinkan untuk belajar dan belajar lagi setiap saat.

Malam ini setelah selesai mengedit video tentang kisah persalinan klien, tiba- tiba saya ingin menuliskan kisahnya untuk Anda.

IMG_0040

Sebut saja mbak Tya dan mas Astro, pasangan suami istri yang begitu lama menantikan kehadiran seorang buah hati. Lima Tahun! Ya, lima tahun mereka menantikan kehadiran buah hati ini.

Setelah mbak Tya hamil, pasangan ini benar benar berupaya untuk belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin demi buah hati tercinta. Berbagai upaya mereka lakukan, mulai dari rutin mengikuti prenatal Yoga setiap hari selasa pagi di Studio Yoga Balance Jogja, mengikuti workshop gentle birth balance, berlatih nafas, relaksasi, dan segala hal yang menunjang kesiapan mereka untuk persaliann normal alami.

Nah, proses kehamilan mbak tya begitu menyenangkan, selain mbak Tya terlihat semakin cantik, dia juga sangat energik sehingga di usia kehamilan 39minggu masih sempat saya ajak untuk berfoto ria untuk menjadi model di buku saya.

40 minggu sudah umur kehamilannya, saat itu mbak Tya sempat mengalami flek dan merasakan kontraksi walaupun belum teratur. Setelah saya periksa ternyata mbak Tya sudah mengalami pembukaan dua, namun posisi kepala masih sangat tinggi dan serviksnya masih tebal dan belum terlalu matang.

Karena masih pembukaan 2cm dan kontraksi belum terasa intens, maka saya masih menganjurkan mbak Tya untuk pulang terlebih dahulu supaya tidak merasa terlalu lama sehingga memungkinkannya untuk merasa “terintimidasi” oleh waktu.

Dan ternyata kontraksi tetap tidak teratur bahkan cenderung jarang dan itu berlangsung selama dua minggu lebih. Selama dua minggu lebih banyak hal yang dilakukan mbak Tya untuk mengupayakan terjadinya kontraksi alami yang intens dan kuat. Mulai dari jalan tiap pagi, jongkok berdiri, relaksasi, akupunktur tiga hari sekali, akupresure, moxa, minim jus nanas, makan buah kiwi dan masih banyak lagi. Namun kontraksi tetap saja belum teratur dan pembukaan serviks bertahan di dua centimeter.