LOT atau left occiput transverse dan ROT atau right occiput transverse adalah posisi diantara posisi posterior dan anterior. Dalam persalinan, kepala bayi akan berputar searah jarum jam, sehingga bayi yang berada dalam posisi LOT, ketika mencapai midlet, karena perbedaan diameter panggul, harus berputar menjadi posisi anterior, sedangkan bayi dalam posisi ROT akan berputar menjadi posisi posterior. 

  1. Sungsang (Breech)

Seperti yang sudah Anda ketahui, bayi yang berada dalam posisi sungsang berarti pantat dan kaki bayi berada di bawah. Ada 3 variasi presentasi bayi sungsang, yaitu:

panduan-audio-hypnofertility-ads

  • Presentasi bokong (Frank Breech): dalam posisi ini, pantat bayi mengarah ke jalan lahir sedangkan kaki bayi lurus menempel di depan badan bayi dan kaki bayi dekat dengan kepala.

  • Presentasi bokong-kaki (Complete Breech): dalam posisi ini, pantat bayi mengarah ke jalan lahir dengan kaki tertekuk, sehingga kaki bayi dekat dengan pantat.

  • Presentasi kaki (Footling Breech): dalam posisi ini, salah satu kaki bayi terletak di bawah bokong, sehingga saat proses persalinan, salah satu kaki tersebut keluar terlebih dahulu.
  1. Lintang

Posisi lintang berarti bayi berada dalam posisi horizontal melintang di dalam rahim. Posisi ini cukup langka dalam persalinan dan harus dilahirkan dengan operasi sesar apabila terjadi.

 

Salah satu cara untuk mengetahui posisi bayi adalah dengan menggunakan teknik belly mapping. Dengan mengetahui posisi bayi Anda lebih awal, Anda akan mempunyai waktu lebih banyak untuk mencoba mengoptimalkan posisi bayi Anda sebelum persalinan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menemukan dan menentukan posisi bayi, klik disini.

 

Tanda Posisi Bayi Tak Optimal Saat Persalinan

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menandakan bahwa posisi bayi Anda tidak optimal selama proses persalinan:

  1. Tanda persalinan yang galau

Beberapa tanda-tada persalinan yang biasanya Anda alami adalah kontraksi dan keluarnya flex. Seharusnya, tanda-tanda persalinan tersebut mempunyai pola yang teratur, namun apabila posisi bayi Anda tidak optimal, tanda-tanda persalinan ini seolah tak berpola atau bahkan datang dan pergi. Contohnya, Anda dapat mengalami flex hingga seminggu, atau pembukaan 1 berlangsung sangat lama bahkan dapat sampai satu minggu, atau hari ini Anda mengalami kontraksi yang cukup kuat seperti kontraksi asli, namun tiba tiba kontraksi tersebut berhenti.