Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi proses kelancaran persalinan.

Dan saat ini saya Akan membahas tentang posisi keseharian ibu yang bisa mempengaruhi lancar tau tidaknya proses persalinan.

Maternal Positioning

Maternal Positioning adalah istilah yang digunakan untuk membahas mengenai postur dan posisi yang digunakan ibu hamil agar dapat merasa nyaman dan dapat melahirkan dengan mudah.

Kenapa harus di bahas? karena prnting bagi kita untuk mengetahui posisi ibu hamil yang sepeti apa yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi. dan  Maternal positioning berprinsip pada gravitasi dan dipercaya dapat mempengaruhi posisi janin saat masa kehamilan dan saat melahirkan.

Fetal Position

Fetal Positioning adalah kalimat yang digunakan untuk berbicara mengenai posisi bayi di dalam rahim. Posisi bayi dapat berubah rubah saat persalinan maupun dalam proses persalinan. Namun, saya percaya bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan posisi bayi.

Kuncinya adalah “BALANCE”. Dengan tubuh yang seimbang, saat Anda melakukan posisi atau gerakan yang berprinsip kepada gravitasi, bayi Anda dapat berubah dari posterior ke anterior atau dari presentasi pantat ke presentasi kepala.

Kontraksi persalinan  juga dapat membantu posisi posterior menjadi anterior seiring berjalannya waktu. Waktu yang diperlukan bayi untuk merubah posisinya mungkin akan dipersingkat ketika Anda melakukan posisi atau gerakan yang “gravity-friendly”jika rahim Anda seimbang.

Posisi ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa posisi yang dapat membantu Anda saat masa kehamilan:

  • Duduklah dengan pinggul yang lebih tinggi dari lutut Anda;baik di atas birthing ball, di cursi maupun ketika duduk di lantai
  • Duduklah dengan punggung tegak, memanjangkan tulang belakang dan dada terbuka;
  • Duduklah diatas birthing ball dengan pinggul yang setara atau lebih tinggi dari lutut Anda;
  • Melakukan Forward-Leaning Inversion sehari sekali
  • Melakukan squat dengan punggung menempel ke dinding dan lutut ditekuk (lakukan secara rutin dan bertahap hingga Anda dapat melakukan squat selama 2-5 menit);
  • Menjaga bahu Anda tetap terbuka dengan tetap rileks ketika Anda berjalan cepat.

Posisi Ibu saat dalam proses persalinan

Berikut ini adalah beberapa posisi yang dapat membantu Anda dalam persalinan:

  • Semua di dalam Pregnancy Maternal Positionditambah,
  • Berdiri dengan tubuh condong ke depan dengan lutut sedikit ditekuk;
  • Berdiri dengan tubuh condong ke belakang (menegakkan atau bahkan sedikit menekuk punggung Anda ke belakang);
  • Berdiri dengan punggung bawah menempel di dinding sambil mengangkat perut bawah Anda ketika kontraksi
  • Berlutut
  • Berlutut dengan tubuh condog ke depan di kursi atau tempat tidur atau birthing ball
  • Berlutut dengan tangan memegang selendang atau tali atau tiang di depan Anda
  • Melakukan posisi yoga child pose
  • Memegang rebozo diatas Anda sembari berdiri dengan lutut yang sedikit ditekuk

Posisi Istirahat yang Harus Dihindari

Ada waktu dalam kehamilan maupun persalinan dimana Anda benar benar boleh terlentang. Namun, ketika beristirahat, akan jauh lebih baik jika Anda tidak terus terusan berada di posisi terlentang demi posisi bayi yang optimal.

Mungkin pada awalnya Anda akan merasa tidak nyaman di bagian punggung. Namun, di akhir persalinan, sirkulasi darah Anda akan jauh lebih baik jika Anda tidur miring dibanding jika Anda tidur terlentang. Untuk beberapa wanita, maternal positioningyang baik termasuk tidak duduk bersandar dan duduk di tulang ekor.

Upayakan untuk tidur sesuai dengan posisi punggung janin Anda. Namun, jika Anda tidak mengetahui posisi punggung janin Anda, tidurlah dengan posisi yang paling nyaman untuk Anda. Anda juga bisa tidur miring ke kanan.

Seringkali ibu hamil dianjurkan untuk tidur miring ke kiri, anjuran ini diberikan karena secara anatomi ada pembuluh darah besar yang menuju ke rahim dimana letaknya di sisi kanan tulang belakang, ketika Anda tidur miring ke kanan saat hamil tua dalam waktu yang lama, dikhawatirkan gaya gravitasi dan berat rahim membuat pembuluh darah tersebut “kegencet”. Namun, usahakan untuk menyeimbangkan antara sisi kanan dan kiri agar panggul Anda seimbang.

Gunakan bantal yang dapat menyangga badan dan kaki Anda sehingga pinggul Anda dapat terbuka dan Anda merasa lebih nyaman

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah:

  • Maternal positionsaja tidaklah cukup untuk memastikan bahwa bayi Anda akan berada dalam posisi yang optimal ketika proses persalinan dimulai
  • Keseimbangan pada uterus dan panggul merupakan kunci keberhasilan mengoptimalkan posisi bayi menggunakan maternal positioning
  • Kunci dari maternal positioningadalah GRAVITASI

edited by : Gabriele Nadina Elloianza