Stress Sangatlah Lazim

Stress selama masa kehamilan memang sangat lazim Anda Alami. Namun ketika stres itu berlarut-larut, terus menerus hingga menyebabkan gangguan, keluhan atau gejala yang kurang nyaman bagi Anda maka ini disebut distres!

Ketika saya menyebarkan selebaran di sebuah kelas ibu hamil, ternyata saat saya menanyakan tentang “Apa yang biasanya memicu timbulnya stres dan kekawatiran pada ibu hamil (Anda)? Ternyata jawabannya rata-rata hampir sama yaitu:

  1. Khawatir tentang Kesehatan Janinnya

Nah biasanya yang di khawatirkan pada point ini antara lain:

  • Khawatir jika bayinya cacat/ tidak sempurna secara fisik
  • Khawatir jika bayinya terlalu besar / kecil
  • Khawatir akan hasil pemeriksaan USG yang baru saja di lakukan (pengapuran plasenta, kondisi ketuban, letak plasenta, lilitan tali pusat)
  1. Khawatir tentang kesehatan tubuhnya

  • Khawatir tubuhnya semakin melar dan tidak seksi lagi
  • Khawatir tidak bisa melakukan kegiatan dan pekerjaannya karena hamil
  1. Khawatir tentang proses persalinan nanti

  • Khawatir akan rasa sakit saat melahirkan
  • Khawatir proses persalinan lama dan menyakitkan
  • Khawatir proses persalinan menyeramkan seperti yang dilihat di TV dan penuh komplikasi
  • Khawatir meninggal setelah melahirkan
  • Khawatir di operasi (jika Anda memang tidak menginginkan Operasi)
  1. Khawatir tentang paska melahirkan kelak

  • Khawatir tidak bisa merawat bayi
  • Khawatir ASI tidak lancar
  • Khawatir tidak bisa merawat bayi dengan baik

wah banyak sekali ya daftar kekhawatirannya? Nah bagaimana dnegan ANDA? Apakah daftar kekhawatiran yang saya tuliskan diatas juga Anda rasakan?

Lalau Bagaimana Anda bisa bertahan dan terhindar dari stres dan distres tersebut?

Apapun yang membuat Anda merasa stres , berikut adalah 10 langkah-langkah positif yang dapat Anda lakukan:

  1. Luangkan waktu untuk beristirahat

Luangkan waktu untuk diri sendiri. Seringkali kita memikirkan orang lain tapi justru tidak memikirkan diri sendiri. Nah ini adalah waktunya “Me Time”. Dan Ini baik untuk Anda dan bayi Anda, jadi jangan merasa bersalah tentang hal itu. Ketika Anda berada Di tempat kerja, coba carilah tempat untuk menyandarkan kaki Anda dan bersantai selama istirahat makan siang Anda. Setelah Anda di rumah, cobalah untuk mengurangi pekerjaan rumah tangga.

Jika Anda merasa lelah, tidurlah lebih awal. Tubuh Anda bekerja keras untuk memberi makan bayi Anda tumbuh dan tidur bisa membantu meringankan pekerjaan tubuh Anda.

Jika Anda sudha menjadi seorang ibu atau ini adalah bukan kehamilan yang pertama, memang kadang sulit untuk menemukan waktu untuk beristirahat. Adalah ide yang baik untuk meminta suami, teman, pembantu atau orang tua Anda untuk menjaga anak Anda untuk sejenak, sementara Anda istirahat.

  1. Bicarakan tentang ketakutan, kekhawatiran dan perasaan yang Anda rasakan

Jika Anda khawatir tentang apakah bayi Anda sehat, apakah ia akan lahir dengan selamat, atau apakah Anda bisa melaksanakan tugas sebagai orangtua, Anda tidak sendirian. Tenang, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter atau bidan untuk meyakinkan dan memastikan tentang kesejahteraan bayi Anda. Tapi berbicara dengan suami Anda, juga. Membahas kekhawatiran Anda karena ini dapat membuat Anda berdua merasa lebih baik.
Jangan lupa bahwa teman-teman dan anggota keluarga dapat memberikan dukungan yang baik. Anda mungkin bertemu dengan calon ibu lainnya sedang hamil seperti Anda, mungkin di kelas prenatal, di group facebook, di twitter atau milis-milis, ayo sharing. Ungkapkan dan obrolkan perasaan Anda, mungkin di antara mereka kasus nya sama seperti yang Anda rasakan. Sehingga Anda bisa saling berbagi adn menguatkan.

  1. Makan dengan pola yang baik

Makan dengan pola yang baik dan menu seimbang baik untuk pikiran Anda serta tubuh Anda. Diet sehat yang mencakup banyak omega-3 asam lemak esensial, vitamin dan mineral, dapat meningkatkan dan memperbaiki suasana hati Anda. Diperkirakan bahwa asam amino esensial triptofan dapat meningkatkan kadar melatonin dan serotonin kimia dalam otak Anda. Melatonin dan serotonin membantu Anda untuk tidur nyenyak dan meningkatkan perasaan Anda dengan baik, Tryptophan ditemukan secara alami di banyak makanan, termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian, yang mudah untuk di jadikan camilan.

Anda tidak perlu melakukan dengan diet ekstrim Anda untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi ini . Sumber yang baik meliputi ikan berminyak, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, unggas, dan sayuran

  1. Mari Berolahraga

Olahraga benar-benar dapat meningkatkan mood Anda selama kehamilan, selama aktivitas yang Anda lakukan seperti berenang merupakan kegiatan olahraga yang sangat ideal.