Saat sudah mendekati proses persalinan, sering kali Anda akan bertanya tanya, “Bagaimana cara agar persalinan lebih nyaman, lancar, dan cepat?”. Ada banyak sekali yang harus dilakukan untuk mencapai suatu proses persalinan yang menjadi mimpi setiap ibu tersebut. Maka dari itu, tentu saja akan jauh lebih baik jika Anda sudah menyiapkan dan memberdayakan diri Anda sejak awal kehamilan. Nah, berikut ini adalah 4 kunci persalinan nyaman yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan pengalaman persalinan yang lebih nyaman, lancar, dan lebih cepat.

Balance

Balance artinya seimbang dan selaras. Tubuh yang seimbang (balance) berarti baik otot, libamen maupun fascia Anda harus tidak terlalu kencang atau longgar, panggul Anda sejajar dan selaras, dan ligamen yang menyangga rahim Anda seimbang (tidak pendek salah satu dan tidak terlalu longgar).

hal yang perlu di ingat adalah :
Otot, ligamen dan fascia yang sehat adalah yang bisa kencang dan longgar dengan mudah.

apa saja otot dan ligament yang harus selaras/balance dalam tubuh Anda?

PSOAS

Otot psoas (so-as) adalah kumpulan otot besar yang menghubungkan tulang belakang dan panggul ke kaki kita. Pada tulang belakang, ia membentang dari vertebra toraks 12 (T12) ke vertebra 5 lumbal (L5) dan kemudian turun melalui daerah panggul untuk menempel ke bagian atas tulang paha (tulang paha). Otot penting ini memungkinkan kita untuk mengangkat kaki kita dan karena itu mempengaruhi keseimbangan struktural kita, kemampuan kita untuk menggerakkan panggul, jangkauan gerakan kaki kita, dan cara kita berjalan. Selain menstabilkan tulang belakang kita, psoas mempengaruhi fleksibilitas, kekuatan, mobilitas sendi, dan organ tubuh kita.

ada PSOAS MAYOR

 

ada PSOAS MINOR

Karena PSOAS ini terhubung langsung ke sumsum tulang belakang dan bagian reptil otak kita melalui fasia, seringkali otot ini adalah otot pertama yang berkontraksi dan yang terakhir rileks saat kita mengalami kemarahan atau ketakutan dan sistem ini bergerak secara otomatis sesuai dengan reflek atau tindakan naluriah. PSOAS lah yang PERTAMA KALI bereaksi dan mengeluarkan reaksi Flight and Fight Ketika kita terkejut, cemas, panik.  PSOAS juga diaktifkan saat kita secara refleks meringkuk ke posisi janin saat mengalami stres, ketakutan dan kesedihan.