ingat tentang konsep dasar ini:

jadi bisa dipastikan ketika ligament tidak selaras, misalnya ligament rahim bagian kanan kencang sendangkan bagian kiri longgar, tentu rahim menjadi miring. dan ketika rahim miring, tentusaja posisi janinpun juga miring.

Apa yang dapat dilakukan agar tubuhku seimbang?

panduan-audio-hypnofertility-ads

Ada banyak teknik yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda lebih seimbang. Prinsipnya adalah untuk melemaskan otot yang terlalu tegang dan menguatkan otot yang terlalu lemas atau longgar. Hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperbaiki postur Anda sehari hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai postur saat kehamilan, klik disini.

Selain itu, cobalah beberapa aktivitas berikut:

  • Forward-leaning inversion

Anda dapat melakukan ini dengan berlutut di ujung sofa lalu secara perlahan turunkan tangan Anda ke lantai. Turunkan badan Anda sehingga Anda dapat bertumpu di lengan Anda. Biarkan kepala Anda menggantung dan tempelkan dagu Anda ke dada. Luruskan bahu Anda untuk memberi ruang bagi kepala Anda dan panjangkan leher Anda. Di posisi ini, Anda dapat mengayun ayunkan pinggul Anda. Lakukan posisi ini setidaknya sekali sehari selama 3 siklus napas Anda. Saat sudah selesai, kembalilah ke posisi berlutut. Anda dapat menggunakan balok atau meminta pendamping Anda untuk membantu Anda. Dari posisi berlutut, ayunkan kaki Anda dari bawah secara bersamaan seperti posisi putri duyung untuk mencegah adanya tarikan di daerah simfisis pubis (tulang kemaluan).

Posisi ini dapat memanjangkan ligamen yang ada di rahim bagian bawah dan mensejajarkan rahim Anda dengan panggul Anda sehingga dapat membantu bayi Anda untuk berada di posisi yang optimal. Posisi ini juga dapat mengurangi rasa sakit di punggung, panggul, dan tulang ekor.

Hindari posisi ini jika Anda mempunyai heartburn, glukoma, hipertensi, atau mempunyai resiko stoke. Ingatlah untuk melakukannya secara perlahan untuk menghindari resiko jatuh. Anda juga dapat meminta pendamping Anda untuk mengawasi dan membantu Anda.

  • Menggunakan Rebozo

Rebozo dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan dapat memberi ruang ke bayi Anda sehingga bayi Anda dapat berada di posisi yang seoptimal mungkin untuk persalinan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rebozo, klik disini.

  • Side-lying release

Ini adalah teknik yang dapat Anda lakukan dengan bantuan pendamping Anda. Anda dapat melakukan teknik ini di permukaan yang kuat seperti sofa, meja, atau tempat tidur. Pertama, pilihlah salah satu sisi yang Anda inginkan. Ganjal kepala Anda dengan bantal sehingga leher Anda lurus. Mintalah pendamping Anda untuk berdiri di depan Anda (menempel dengan ujung permukaan) untuk menjaga Anda. Lalu secara perlahan  angkatlah salah satu kaki Anda dan jauhkan dari ujung sofa lalu gantungkan kaki Anda. Jagalah kaki Anda agar tetap lurus. Tugas pendamping Anda adalah untuk menjaga dan menyangga panggul Anda agar tetap tegak dan tidak maju kedepan saat Anda menggantung kaki Anda. Tahan posisi ini selama 2-3 menit dan lakukan di kedua sisi sehingga panggul Anda tetap seimbang.