Karena pso sangat erat kaitannya dengan reaksi bertahan hidup naluriah kita dan karena lokasinya yang dalam di dalam tubuh, dan banyak orang yang mempunyai emosi yang belum terselesaikan atau trauma yang tidak disengaja yang tersimpan di sana.

Ketika kita merasa dikritik (oleh orang lain atau oleh diri kita sendiri), seringkali psoas yang bereaksi dengan kontraksi atau mengeras dan menjadi kaku. Banyak Ahli menyebut psoas sebagai “SOUL of THE MUSCLE”  karena hubungannya dengan esensi dan identitas inti kita yang paling dalam.

LIGAMENT & FASCIA

panduan-audio-hypnofertility-ads

ligamen adalah jaringan solid yang terbuat dari jaringan fibrosa yang menghubungkan tulang dengan tulang atau tulang pada tulang rawan yang mendukung dan memperkuat sendi. Fungsi utama dari ligamen adalah menjaga tulang kerangka dalam keselarasan, kestabilan dan mencegah gerakan abnormal sendi.

Fascia adalah connective tissue (selaput otot) yang berfungsi sebagai pembungkus, pelekat, serta pemisah antara otot-otot serta organ-organ internal. fascia inilah yang menyebabkan gerakan tubuh kita menjadi lebih luwes dan tidak patah-patah layaknya robot.

Nah ada beberapa ligament yang harus Anda kenal yang berkaitan erat dengan jalan lahir (passage way) , kehamilan dan persalinan.

  1. Ligament pada rahim
  2. Ligament pada panggul

Penjelasan lebih detail tentang ligament pada rahim dan panggul bisa Anda lihat di postingan berikut ini:

Kenali Ligament pada Panggul dan Rahim mu

Agar proses persalinan lancar dan mudah tentu antara PSOAS dan Ligament serta fascia pada tubuh seorang wanita baik di rahim dan panggulnya haruslah selaras dan seimbang.

Bagaimana cara mengetahui bahwa tubuhku belum seimbang?

Rasa ketidaknyamanan dapat menjadi salah satu tanda bahwa tubuh Anda belum seimbang. Tekanan di otot atau ligamen, atau ligamen yang tidak seimbang (terlalu longgar atau pendek salah satu) membuat panggul Anda tidak stabil dan akhirnya menimbulkan rasa sakit.

hal yang harus Anda ingat disini adalah:

NYERI atau Rasa SAKIT /ketidaknyamanan adalah “cara tubuh Anda” untuk berkomunikasi kepada Anda dan Otak Anda bahwa ada sesuatu yang harus di perbaiki /ada sesuatu yang salah.

Selain itu, posisi bayi yang tidak optimal juga merupakan suatu tanda bahwa tubuh Anda belum seimbang. Hal ini disebabkan karena sebenarnya, posisi bayi sangat tergantung pada bentuk dan ruang yang tersedia di rahim Anda. Sehingga, jika ligamen yang menyangga rahim Anda tidak seimbang dan akhirnya membuat rahim Anda tidak berada dalam posisi yang tidak optimal, maka posisi bayi Anda juga tidak akan optimal.