8 Fakta dalam Proses Persalinan yang Harus Anda Ketahui

Proses persalinan merupakan proses alami yang sangat transformasional, sebuah proses tau peristiwa di dalam hidup yang tidak bakalan terlupakan dan selalu meninggalkan KESAN dan PESAN.

namun, Seringkali mereka mendapatkan “pesan” bahwa Proses persalinan adalah satu-satunya peristiwa dalam hidup di mana Anda akan mendengar kisah yang paling mengerikan, dramatis, menakutkan, dan sebuah penderitaan yang lama dan semuanya bisa saja salah “everything Will Go Wrong”, tau sell saga ada pesan dan pesan…“jangan jangan….?” (Sekolah kejadian tidak menyenangkan atau tragedi akan mengancam) meskipun bukti statisical membuktikan yang sebaliknya.

Ya, memang proses persalinan dan kelahiran itu sendiri melibatkana faktor fisik dan psikis dan emosional yang kompleks. Namun ini juga merupakan  proses yang paling alami dan normal.

Sayangnya, banyak banyak wanita yang melewati dan menghadapi proses persalinan mereka dengan perasaan khawatir, takut, malu, dan kecemasan tentang proses. dimana mereka selalu takut bahwa sesuatu akan tidak beres, takut akan merasakan sakit luar biasa dan merasa di luar kendali. Sehingga pengelolaan dalam prosedur medispun didasarkan pada paradigma untuk menghindari segala krisis yang dirasakan bukannya membantu melewati proses persalinan dengan keberanian, kekuatan, dan kepositifan.

Padahal fakta yang sebenarnya terjadi dalam proses persalinan adalah sebagai berikut:

Fakta 1: Proses Persalinan Bisa Menyakitkan, tetapi sangat bisa di kelola (Manageable)

Bagi kebanyakan orang, penghalang terbesar untuk proses persalinan alami adalah rasa takut akan rasa sakit. Mengapa demikian? Ya karena begitu banyak cerita negatif tentang proses persalinan di luar sana. Padahal ketika seorang ibu bersalin bebas dari rasa takut, maka rasa sakit yang terjadi dalam proses persalinan dengan mudah dapat dikelola.

Beberapa ibu yan mau dan rajin memberdayakan diri dengan mempersiapkan fisik, mental dan spiritualnya maka proses persalinannya relatif mudah dengan sedikit ketidaknyamanan. Namun sebaliknya ketika seorang ibu hamil tidak mau memberdayakan diri, maka proses persalinan bisa terasa sangat sulit dan sangat menyakitkan.

Sebenarnya, bagi Anda wanita hamil dengan kehamilan berisiko rendah Anda harus selalu percaya bahwa Anda BISA memiliki dengan persalinan normal, lancar dan nyaman.