Bagaimana cara hadapi rasa takut Anda saat mau melahirkan?

SONY DSCSebuah “quote” yang sangat terkenal dari seorang pakar hypnobirthing dunia yaitu Marie Mongan yaitu : “When you change the way you view birth, the way you birth will change.” Memang sangatlah benar.

Karena pada dasarnya ketika Anda memandang sebuah prose’s persalinan menjadi sebuah prose’s yang menyenangkan dan puncak dari perayaan sebuah keluarga, maka cara pandang Anda yang positif tentang persalinan tersebut tidak hanya dapat mengurangi kekhawatiran dan ketakutan. Namun juga dapat mempercepat dan memperlancar prose’s persalinan Anda. Berbeda dengan, apabila Anda memanda sebuah prose’s persalinan menjadi prose’s yang sangat menakutkan, penuh resiko sehingga kekawatiran dan ketakutan yang muncul di hati dan benak Anda, maka prose’s persalinan yang menyakitkan dan penuh dengan resiko akan Anda alami.
Nah!Bagaimana Anda bisa menghadapi ketakutan kelahiran Anda?

Para peneliti di Norwegia baru-baru ini menemukan bahwa wanita yang merasa takut melahirkan mengalami tambahan 47 menit lebih lama saat melahirkan dan resiko untuk memerlukan operasi caesar darurat lebih tinggi

“Kecemasan melepaskan hormon adrenalin, yang bekerja melawan hormon-hormon yang dilepaskan selama persalinan,” kata bidan Mervi Jokinen.

Tapi jangan takut – saya telah menyusun beberapa tips sederhana untuk membantu Anda rileks dan mengurangi rasa takut bahkan rasa sakit saat melahirkan nanti.

Menggunakan kekuatan sugesti positif
“Wanita dalam persalinan hampir selalu berada dalam kondisi trans (kondisi yang mudah sekali di hipnosisi atau menerima/merekam sugesti), yang membuat mereka sangat rentan terhadap saran, baik positif maupun negatif,” kata Dr Allan Cyna, konsultan anestesi di Rumah Sakit ibu dan anak di Adelaide. “Jadi bahasa yang kita gunakan dalam proses persalinan sangat penting.”

Jika Anda diberitahu oleh bidan atau dokter atau siapapun (teman, saudara, orangtua) bahwa Anda akan merasa sakit saat prose’s persalinan nanti, Anda mungkin akan benar benar merasakan hal itu saat persalinan nanti. Jadi sebaiknya mintalah pasangan Anda agar menggunakan kalimat kalimat yang bermuatan positif yang menguatkan dan membantu Anda untuk melalui kontraksi dengan lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *