33110Ketika kehamilan seorang ibu, usia kehamilannya menginjak 40 minggu dan belum ada tanda-tanda persalinan biasanya langsung penasaran dan cari tahu bagaimana caranya agar sesegera mungki ada tanda-tanda persalinan, dengan berbagai alasan dan yang terbanyak adalah takut nanti harus di SC. Karena banyak diantara klien saya yang sudah ditakut-takutin oleh dokter ahli kandungannya dan diberi “death line” tanggal untuk SC.

Apalagi ketika sang provider sudah mengeluarkan Statement “Kalau ada apa apa kami tidak tanggung jawab lho!” seperti yang saya tulis disini

http://www.bidankita.com/kami-tidak-tanggung-jawab-lho/

Maka sang ibu, ayah dan keluarga seringkali dibuat panik sehingga mengambil keputusan secara gegabah dan kurang bijak.

Lalu bagaimana solusinya? Mungkin salah satu alternatifnya adalah melakukan induksi secara medis dengan menyuntikkan pitocin IM/IV/Oral.

Namun tak ada salahnya juga Anda perlu tahu bagaimana caranya menginduksi persalinan secara alami, karena seperti kita tahu bahwa induksi medis memang ada resiko dan efek sampingnya baik untuk ibu maupun untuk janin.

Induksi Alami

Ini bisa dilakukan sejak 38 minggu usia kehamilan Anda, mengapa? Karena pada dasarnya usia 38 minggu janin udah Viable/mampu hidup dan sudah matang/matur dnegan melakukan induksi alamis ejak 38 minggu di harapkan saat usia kehamilan Anda menginjak 40 minggu maka Anda bisa melahirkan.

Berikut ini beberapa TIPS dan TRIKs untuk melakukan induksi alami dalam persalinan Anda:

Pertama dan Paling Penting adalah Relax!

Persalinan tidak akan mulai jika Anda sedang tegang, khawatir atau berusaha keras untuk memulai persalinan. Cobalah mandi air hangat dalam cahaya lilin. Anda bisa pergi ke tempat pijat profesional (SPA ibu Hamil misalnya, atau ke layanan kesehatan yang menyediakan Pregnancy Massage) dengan tujuan Anda dapat melakukan relaksasi.

Akupunktur dan akupresur, karena fokus pada bidang utama tubuh, juga membantu menginspirasi persalinan. Selain itu, beberapa wanita mengandalkan aromaterapi, khususnya aroma menenangkan dari clary sage/lavender, untuk bersantai.

Cobalah untuk melakukan sesuatu yang istimewa untuk diri sendiri setiap hari-terutama jika Anda melewati tanggal “due date”.