Sepuluh ibu hamil duduk bersila membantuk lingkaran, sambil memegang perut mereka memejamkan mata dan menundukkan kepala sambil menarik nafas panjang dan dalam lalu menghembuskan perlahan beberapa kali.

ya mereka berkumpul dalam satu ruangan untuk belajar melakukan prenatal gentle yoga untuk persiapan persalinan mereka. setelah beberapa menit melakukan latihan pernafasan dan meditasi, mereka melakukan berbagai asana atau pose. dengan melakukan Asana, ini dapat membantu membangun kekuatan dan stamina dan meningkatkan sirkulasi. sedangkan dengan melakukan meditasi, dapat meningkatkan kemampuan untuk bersantai dan berkonsentrasi. Pranayama atau latihan pernapasan, dapat membantu mengelola rasa sakit dari kontraksi.

saat Anda melakukan pose atau asana berdiri seperti Virabhadrasana II (Warrior II Pose), ini dapat meningkatkan kekuatan kaki Anda dan juga menghasilkan keberanian dan kepercayaan diri. Duduk Baddha Konasana (Bound Angle Pose), dengan telapak kaki Anda saling menempel dan lutut bergerak menjauh dari satu sama lain, dan melakukan squats yang dimodifikasi dapat meningkatkan sirkulasi darah ke panggul dan membantu seorang wanita terbiasa dengan perasaan membuka .

Yoga adalah waktu untuk mengenal tubuh Anda dan untuk membangun kepercayaan dalam kemampuan Anda untuk melahirkan. di kelas prenatal gentle yoga kami menekankan fakta bahwa perempuan memiliki keterampilan bawaan untuk melahirkan dengan cara alami dan sehat, meskipun ada kecenderungan pengobatan Barat terhadap intervensi seperti epidural,vaccum, induksi , dan operas SC. Di kelas yoga seorang wanita dapat belajar untuk mendengarkan dan menanggapi kebutuhan tubuhnya, sehingga selama persalinannya, ketika pikiran rasional dapat ditangguhkan, dia akan dapat mengidentifikasi dan meminta apa yang dia inginkan.

Proses kelahiran adalah pekerjaan yang terbuat dari otot, otot, keringat, darah, dan cinta. Dengan melatih tubuh, pikiran, dan jiwa, yoga dapat membantu ibu hadir untuk keajaiban kelahiran.

Bagaimana untuk mendapatkan hasil maksimal dari prenatal gente yoga:

  • Setiap ibu hamil yang hendak mengikuti prenatal gentle yoga wajib dilakukan screening seperti tekanan darah, detak jantung janin, riwayat kesehatan dan kehamilannya atau minimal ibu hamil tersebut sudah melakukan konsultasi dengan dokter kandungan/ bidan bidan yang merawatnya sehingga apabila iibu hamil tersebut mempunyai keluhan khusus, seorang guru yoga dapat memperhatikan gerakan atau pose mana yang boleh atau tidak boleh dilakukan saat itu.
  • Selalu mengajarkan kepada ibu hamil untuk menjadi realistis dalam mencapai tujuan mereka: karena banyak wanita menjadi kesal, kemudian harus menyerah karena mereka merasa ini adalah latihan berat selama kehamilan. Yakinkan pada ibu hamil bahwa prenatal gentle yoga adalah salah satu persiapan yang baik dan cukup lembut untuk membuat para ibu hamil tetap fit, dan pada saat yang sama prenatal gentle yoga ini sangatlah aman untuk mempersiapkan ibu hamil menjalani proses persalinan dengan lancar dan nyaman.
  • Untuk manfaat yang maksimal, anjurkan ibu hamil untuk menggabungkan meditasi/relaksasi hypnobirthing dan yoga: selalu peringatkan untuk jangan memaksakan diri ke titik dimana ibu hamil mengalami kesulitan akan posenya atau jika mereka merasa sakit, mempertahankan suhu tubuh dengan menghindari pengerahan tenaga terlalu banyak; tetap terhidrasi, dan menghormati tubuh Anda – jika ibu hamil merasa ada sesuatu yag tidak benar, atau jika mereka merasa tidak sanggup melakukannya, jangan lakukan itu! Karena gerakan dalam prenatal gentle yoga bukanlah merupakan kompetisi. Jika ibu hamil mengalami APAPUN seperti kontraksi, perdarahan, penurunan gerakan janin atau nyeri yang tidak biasa atau ketidaknyamanan, Anjurkan untuk segera periksa ke bidan atau dokter kandungan Anda!
  • Yoga juga memberikan Anda cukup waktu untuk menyadari pikiran-pikiran dan emosi negative dan mengatasinya dengan cara yang sehat
    Jadikan prenatal gentle yoga menjadi kebiasaan dan gaya hidup
    Lakukan latihan secara bertahap
    Selalu mendengarkan tubuh Anda saat berlatih
    Mempraktekkan yoga selama masa kehamilan adalah cara indah untuk memelihara diri dan bayi dan mempersiapkan tubuh dan pikiran.
  • Seperti tubuh dan pikiran yang telah melalui beberapa perubahan besar, “banyak wanita yang sering merasa cukup lelah dan tidak enak badan pada trimester pertama mereka , sehingga umumnya waktu untuk melakukan latihan yoga sangat lembut, dengan fokus pada keselarasan panggul untuk implantasi plasenta yang optimal, dan termasuk praktik relaksasi. Trimester kedua adalah waktu yang ideal untuk fokus pada kekuatan kaki dan kekuatan serta keseimbangan pada tulang belakang, jadi ini adalah waktu untuk berlatih lebih kuat, sedangkan selama trimester ketiga (antara 34 dan 40 minggu), Anda akan mengalami perubahan lebih berat dalam tubuh Anda karena bayi Anda tumbuh dengan pesat dan tubuh Anda bergerak menuju persiapan untuk kelahiran sehingga focus yang dilakukan adalah pad atulang belakang dan kekuaran serta keseimbangan panggul.

Pada dasarnya yoga dapat dilakukan sedini mungkin karena gerakan yoga pada setiap trimester adalah berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here