Catatan: Ketika kita pertama kali melakukan FLI dan tubuh kita “terbalik” seringkali tubuh kita memberi sinyal yaitu kepala yang berdenyut. Namun jangan khawatir katrena bisanya setelah 3-6 kali tubuh Anda akan beradaptasi dan kepala Anda tidak akan berdenyut.

 

Apakah FLI bisa dilakukan pada saat proses persalinan?

Jawabannya adalah BISA. Walaupun posisi kepala janin saat itru adalam presentasi kepala.

Terutama pada kasus persalinan yang  kontyraksu rahimnya sangat kuar namun belum ada kemajuan dalam pelebaran /pembukaan serviks. Silakan pertimbangkan melakukan FLI ini.

FLI sangat baik jika bayi menunggu untuk turun atau berputar di -2 Station, atau tetap di 0 Station namun dengan kontraksi yang kuat.

Dan ternyata FLI ini sangat bantu untuk menipiskan serfiks dan membantu melebarkan jalan lahir.

 

Apabila Anda merasa takut atau khawatir untuk jatuh pada saat melakukan FLI, Anda bisa minta banruan bidan/doula atau suami Anda untuk menjagai Anda saat Anda melipat tubuh kedepan.

Gunakan permukaan yang stabil di mana Anda bisa bersandar ke depan dengan hati-hati untuk meletakkan lengan Anda di bawah lutut. Pegang permukaan ini SEBELUM menggerakkan tangan Anda ke lantai! Janan sampai terpeleset.

Pastikan untuk naik turun dengan lembut, tanpa terjatuh, berdebar, jatuh -atau terjungkal!

Biarkan kepala Anda menggantung bebas, dagu terselip, lehernya panjang.

 

Peringatan, Kontraindikasi, Bimbingan – HARAP BACA!

  • Saat Anda melakukan FLI ini terkadang ada beberapa yang merasakan Nyeri pada round ligamentum. Rasa Nyeri pada round ligament ini tidak khas, atau mengancam kesehatan.
  • Tidak masalah untuk mengulangi inversi dengan hati-hati (selama 30 detik.
  • Rasa sakit yang bertahan lebih dari beberapa menit atau parah perlu perhatian. Laporkan nyeri perut ke provider Anda, termasuk nyeri bahu.
  • Jangan menjatuhkan atau melipat tubuh Anda kedepan dengan terlalu cepat! Jadi Anda harus melakukan dengan pelan dan lembut. Untuk menghindari efek samping pada placenta. Ibu hamil dengan riwayat masalah IUGR dan tekanan darah tinggi pada kehamilan sebelumnya harus sangat berhati-hati, kenakan sabuk kehamilan dan lakukan dengan lambat!
  • Jika bahu Anda lemah atau terlalu ketat untuk mendukung Anda dalam inversi, Anda akan merasa stres. Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Jangan mulai dengan inversi yang curam. Mulai dengan mudah.
  • Jangan melakukan FLI Tepat setelah makan supaya Anda tidak mual.
  • Terkadang ketika Anda merasa panik dan terlalu takut jika terjungkal, Anda bisa minta bantuan pendamping untuk meletakkan kain rebozo pada paha Anda untuk membantu menahan berat ibu. Jika dilakukan selama kontraksi persalinan, doula atau pendamping bisa berada di depan ibu untuk tetap melakukan kontak mata atau menjaga bahu ibu supaya tidak drop, lalu lakukan FLI dan tahan hingga  3 kontraksi, kemudian istirahat.