Silahkan membaca artikel sebelumnya disini.

Sebenarnya seberapa seringkah ibu hamil harus olahraga jalan kaki?

Jika Anda tidak pernah olahraga sebelumnya, mulailah secara bertahap dan selalu ingat untuk “mendengarkan” tubuhmu. Mulailah dengan 15 hingga 30 menit berjalan kaki, tiga kalii dalam seminggu dan kemudian perpanjang hingga 60 menit. Jika ini dirasa oke, baru silahkan lakukan setiap hari selama 60 menit. Menurut penelitian, ibu hamil dianjurkan untuk berjalan selama 150 menit (dua jam dan 30 menit) dalam seminggu. Sejak trimester pertama dan Anda dapat terus berjalan sampai trimester ketiga dan bahkan setelah lahir selama Anda merasa nyaman. [1]

Bagaimana Mempersiapkan Diri Untuk Berjalan?

Gunakan sepatu olahraga untuk kenyamanan dan keamanan kaki Anda. Sandal jepit tidak boleh digunakan untuk berjalan karena dapat menyebabkan Anda terpeleset.

Bawalah botol merisi air mineral untuk membantu menghindari dehidrasi. Saat berjalan, ada kemungkinan Anda mengalami dehidrasi, meningkatkan suhu tubuh. Itu tidak aman untuk Anda dan janin Anda yang sedang tumbuh. Jika cuaca hari itu lumayan panas, oleskan lotion tabir surya dan kenakan topi.

Seberapa cepat saya harus berjalan saat olahraga ini?

Setiap wanita tahu tubuhnya sendiri. Langkah ideal berjalan tergantung pada kemampuan tubuh tiap orang. Namun, hal yang paling utama adalah  untuk selalu memulai dengan perlahan dan secara bertahap meningkatkan kecepatan Anda hingga menuju POWER WALK.

Penting juga untuk diingat bahwa olahraga apa pun selama kehamilan harus Aman, teratur, dan berirama.

Jika Anda mengalami sesak napas, kelelahan, ketidaknyamanan atau perasaan berat di tubuh Anda ketika Anda berjalan, kurangi kecepatan Anda atau hentikan aktivitas sama sekali.

ingatlah untuk konsultasi dengan dokter Anda sebelum Anda melakukan aktivitas ini.

Nah kita coba membagi menjadi 3 level:

Pemula: Anda belum pernah berolahraga atau jarang melakukannya.

Menengah: Anda aktif, tetapi olahraga khusus tidak rutin.

Lanjutan:Anda bugar dan berolahraga empat kali atau lebih per minggu

Tips Keamanan

Dapatkan persetujuan dokter Anda sebelum memulai program latihan ini (dan ingat untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan melakukan putaran lengan dan pergelangan kaki dan ayunan kaki selama beberapa menit (juga perlu lima – sepuluh menit untuk meregangkan sebelum dan sesudah olahraga).