Kapan Waktu yang Tepat untuk Pergi ke Rumah Sakit?

Pertanyaan ini adalah pernyataan yang paling sering ditanyakan ibu hamil yang akan melahirkan di rumah sakit. Banyak ibu hamil yang terlalu semangat sehingga saat kontraksi mereka terasa sudah cukup sering mereka langsung pergi ke rumah sakit dan akhirnya disuruh pulang oleh pihak rumah sakit. arena ternyata proses persalinan belum terjadi, atau ternyata pembukaan serviks Anda msaih sangat kecil dan mesih memungkinkan nutuk pulang ke rumah dulu.

lalu kapan Anda harus datang ke Rumah Sakit?

Jika Anda bertanya kepada provider Anda kapan waktu yang tepat untuk pergi ke rumah sakit, jawabanya adalah saat kontraksi anda berpola 5-1-1 atau jika ketuban Anda sudah pecah. Apa itu 5-1-1?

5KETIKA KONTRAKSI ANDA BERJARAK 5 MENIT

1 BERDURASI 1 MENIT

1 DAN BERADA DALAM POLA YANG SAMA SELAMA 1 JAM

 

kenapa harus 5-1-1? karena sebenarnya 5-1-1 adalah pola yang di gunakan dimana Anda telah melewati fase awal dan memasuki fase aktif. dan sebenarnya Anda mesih punya maktu nutuk bersiap siap. jadibukan berarti begitu 5-1-1 harus serta merta langsung lari ke RS lho!

karena terkadanga  besar kemungkinan pola kontrakt Anda melambat atau bahkan berhentinya kontraksi jika Anda langsung pergi ke rumah sakit pada pola 5-1-1. Mengapa begitu? Saat di rumah, Anda berada di tempat yang nyaman dan familiar sehingga tubuh Anda merasa lebih nyaman dan aman sehingga kemajuannya/perkembangannya akan lebih cepat. naun beda halaya Ketika Anda berada di tempat asing, bahkan walaupun Anda mencoba untuk merilekskan tubuh Anda, tubuh Anda tetap akan menegang dan menghambat proses persalinan Anda karena itu tempat asing. Tinggallah di rumah lebih lama untuk menghindari terjadinya hal ini.Inilah mengapa biasanya saya merekomendasikan untuk pergi ke rumah sakit jika sudah berada pada pola 4-1-1 atau 3-1-1.

Jika air ketuban Anda sudah pecah sebelum kontraksinya dimulai, ingatlah akronim ini, COAT.

C – COLOR: APA WARNA AIR KETUBANMU?

Jika ketubanmu berwarna bening, pink, atau pink kemerahan yangmana merupakan hal normal, Anda memiliki waktu hingga 8 jam untuk pergi ke rumah sakit (menurut standar rumah sakit). Namun jika ketubanmu berwarna hijau, coklat, atau hitam berarti bayi Anda sedang stress dan Anda harus pergi ke rumah sakit secepatnya untuk memastikan kondisi bayi Anda.