Prenatal Message merupakan suatu hal yang cukup populer dalam beberapa tahun terakhir. Awalnya, prenatal massage hanya dilakukan sebatas sebagai terapi alternatif, namun semakin kesini, prenatal massage berkembang menjadi sesuatu yang berguna untuk mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi selama kehamilan secara umum. Walaupun penggunaan pijat sebagai cara untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan selama kehamilan sudah diketahui sejak lama, namun belakangan ini, ada penelitian dan bukti yang menunjukan dasar ilmiah dari manfaat prenatal massage.

Apa perbedaan prenatal massage dengan massage pada umumnya?

Selain posisi yang tentunya lebih beragam dan menyesuaikan kondisi dan kenyamanan Anda, prenatal massage pada umumnya menggunakan teknik pemijatan effleurage yang merupakan teknik pemijatan yang berupa usapan lembut yang lambat, panjang, dan tidak putus-putus. Jika Anda terbiasa dengan pijatan yang kuat, Anda akan menemukan kalau pijatan pada prenatal massage jauh lebih lembut dan ringan. Pemijatan yang dilakukan juga biasanya menyesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda, contohnya, apabila Anda mengalami morning sickness, maka terapis Anda akan menghindari gerakan-gerakan mengayun. Maka dari itu, ingatlah untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan terapis Anda apabila Anda mempunyai kondisi tertentu atau ada posisi yang kurang nyaman bagi Anda. 

Apa manfaatnya?

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan dari prenatal message:

  1. Mengurangi pembengkaan

Edema atau pembengkaan yang seringkali terjadi pada kehamilan seringkali disebabkan oleh rahim yang menekan pembuhuh darah dan menghambat sirkulasi darah. Prenatal massage dapat membantu menstimulasi jaringan-jaringan halus untuk mengurangi kelebihan cairan di area-area yang bengkak seperti tangan dan kaki. Selain itu, prenatal massage juga dapat meningkatkan fungsi kerja getah bening. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai edema selama kehamilan dan cara mengatasinya, klik disini.

  1. Meningkatkan regulasi hormon

Berdasarkan penelitian, prenatal massage dapat menurunkan tingkat hormon stress seperti hormon norepinephrine dan kortisol. Selain itu, prenatal massage juga dapat meningkatkan hormon dopamine dan serotonin yang juga disebut dengan hormon kebahagiaan. Perubahan hormon tersebut dapat mengurangi resiko komplikasi saat persalinan, membuat Anda dapat tidur dengan lebih baik, dan mengurangi resiko komplikasi yang dapat terjadi pada bayi Anda seperti berat lahir janin rendah. Berdasarkan bukti-bukti ilmiah yang ada, bila dilakukan secara teratur, prenatal massage dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan  ibu dan bayi. 

  1. Meredakan rasa sakit

Rasa sakit di area skiatika (rasa nyeri di sepanjang jalur saraf skiatik di punggung bawah yang menjalar ke pinggul, bokong, tungkai, hingga jalur kaki) merupakan rasa sakit yang sering terjadi pada ibu-ibu hamil, terutama di trimester akhir. Hal ini terjadi karena rahim Anda menekan otot yang berada di dasar panggul dan punggung bawah. Tekanan dari rahim ini akan menyebar sampai otot-otot di kaki, membuatnya menjadi bengkak dan memberi tekanan pada saraf terdekat.